ADVERTISEMENT

Israel dan Palestina Saling Serang Sebelum-Setelah Waktu Gencatan Senjata

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 05:59 WIB
Jakarta -

Gencatan senjata antara Israel, dan Jihad Islam Palestina disepakati pada Minggu malam. Namun, sebelum dan setelah waktu gencatan senjata, saling berbalas serang terjadi.

Dilansir dari Kantor Berita AFP, Senin (8/8/2022), gencatan senjata secara resmi dimulai pada pukul 23.30 malam (20.30 GMT). Gencatan bertujuan untuk membendung pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu yang menghancurkan wilayah pesisir Palestina.

Tetapi, serangkaian serangan dan serangan roket terjadi menjelang gencatan senjata. Sirene berbunyi di Israel selatan beberapa saat sebelum dan sesudah batas waktu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim tiga menit setelah gencatan senjata dimulai, tentara Israel mengatakan bahwa "sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan ke wilayah Israel, (militer) saat ini menyerang berbagai sasaran" milik Jihad Islam di Gaza.

Dalam pernyataan berikutnya, tentara mengatakan serangan "terakhir" terjadi pada pukul 11:25 malam.

Gencatan senjata yang ditengahi Mesir yang diharapkan dapat mengakhiri tiga hari konflik intens di Gaza yang telah menewaskan sedikitnya 44 warga Palestina, termasuk 15 anak-anak.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT