ADVERTISEMENT

Israel dan Palestina Siap Gencatan Senjata Mulai Minggu Malam

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 04:18 WIB
Situasi Israel-Palestina memanas akibat RUU kontroversial soal larangan pengibaran bendera musuh
Ilustrasi bendera Palestina (BBC World).
Jakarta -

Israel dan Kelompok Militan Jihad Islam, Palestina menyetujui gencatan senjata yang dimediasi oleh Kairo. Disebut, gencatan senjata itu mulai berlaku pada Minggu (7/8) waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, kedua belah pihak meningkatkan harapan untuk mengakhiri gejolak di perbatasan Gaza yang berlangsung sekitar satu tahun.

Sejak Jumat (5/8), pasukan Israel menggempur sasaran di Gaza sepanjang akhir pekan. Serangan roket jarak jauh pun dilakukan oleh Israel.

Gencatan senjata mulai berlaku pada 23:30 waktu setempat. Jihad Islam dan pemerintah Israel mengatakan hal itu dalam pernyataan terpisah.

Bentrokan terbaru telah menggemakan pendahuluan perang Gaza sebelumnya, meskipun mereka telah relatif terkendali karena Hamas, kelompok Islam yang memerintah di Jalur Gaza dan kekuatan yang lebih kuat daripada Jihad Islam yang didukung Iran, sejauh ini tetap berada di luar.

Para pejabat Gaza mengatakan 43 warga Palestina, hampir setengah dari mereka warga sipil dan termasuk anak-anak, sejauh ini telah tewas. Roket telah mengancam sebagian besar Israel selatan dan mengirim penduduk di kota-kota termasuk Tel Aviv dan Ashkelon ke tempat penampungan.

Simak Video 'Momen Kepanikan Warga Israel Saat Sirene di Tel Aviv Berbunyi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT