AS Jual Sistem Pertahanan Rudal Rp 74 T ke Arab Saudi-UEA

ADVERTISEMENT

AS Jual Sistem Pertahanan Rudal Rp 74 T ke Arab Saudi-UEA

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 10:33 WIB
A Patriot Advanced Capability 3 (PAC-3) interceptor missile being launched during a test in the Pacific in 2012 (AFP Photo/ANDREW HALL)
Ilustrasi -- Sistem pertahanan rudal Patriot buatan AS (dok. AFP Photo/ANDREW HALL)
Washington DC -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyetujui penjualan sistem pertahanan rudal utama kepada Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) senilai lebih dari US$ 5 miliar (Rp 74,5 triliun). Sistem pertahanan rudal itu dimaksudkan untuk membantu kedua negara mempertahankan diri dalam menghadapi ancaman Iran.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/8/2022), persetujuan itu diumumkan dua pekan setelah Presiden Joe Biden bertemu pemimpin Saudi dan UEA dalam rangkaian kunjungan Timur Tengah yang dianggap penting untuk memperkuat hubungan yang sebelumnya tegang.

Kunjungan Biden dilakukan saat Saudi dan UEA merasakan ancaman yang semakin meningkat dari Iran.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan bahwa Saudi akan membeli 300 unit sistem rudal Patriot MIM-104E, yang bisa digunakan untuk menembak jatuh rudal balistik jarak jauh dan rudal jelajah, juga untuk menyerang pesawat-pesawat tempur.

Disebutkan Departemen Luar Negeri AS bahwa nilai rudal dan peralatan yang menyertainya, juga mencakup pelatihan dan suku cadang, mencapai US$ 3,05 miliar.

Baru-baru ini, Saudi diketahui menghadapi ancaman roket dari pemberontak Houthi di Yaman, yang mendapatkan pasokan peralatan dan teknologi dari Iran.

"Rudal-rudal ini digunakan untuk mempertahankan perbatasan Kerajaan Arab Saudi terhadap sistem udara tak berawak dan serangan rudal balistik lintas perbatasan dari Houthi yang gigih terhadap lokasi-lokasi sipil dan infrastruktur penting di Arab Saudi," sebut Departemen Luar Negeri AS.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT