ADVERTISEMENT

Pemimpin Al-Qaeda Tewas di Kabul, Dilindungi Taliban?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 11:25 WIB
Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan drone AS di Kabul, Afghanistan. Kematian Al-Zawahiri diumumkann oleh Presiden AS Joe Biden.
Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri (dok. SITE INTELLIGENCE GROUP/AFP)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) menuduh kelompok Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan telah menampung dan melindungi pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri, yang dilaporkan tewas dalam serangan drone AS di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/8/2022), Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken menyebut bahwa Taliban 'secara jelas' telah melanggar Perjanjian Doha.

Perjanjian Doha merupakan perjanjian untuk membawa perdamaian ke Afghanistan yang ditandatangani oleh AS dan Taliban pada Februari 2020 di Doha, Qatar. Perjanjian itu mengakhiri perang sejak tahun 2001 hingga tahun 2021 di Afghanistan.

Ketentuan-ketentuan yang diatur dalam perjanjian itu mencakup penarikan seluruh tentara NATO dari Afghanistan, janji Taliban untuk mencegah Al-Qaeda beroperasi di area-area yang ada di bawah kendali Taliban, dan perundingan antara Taliban dengan pemerintah Afghanistan.

Pada Senin (1/8) waktu setempat, Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa Al-Zawahiri tewas dalam serangan AS di Afghanistan pada akhir pekan. Biden menyebut kematian Al-Zawahiri menjadi pukulan terbesar bagi Al-Qaeda sejak Osama bin Laden dibunuh tahun 2011 lalu.

"Dalam menghadapi keengganan atau ketidakmampuan Taliban untuk mematuhi komitmen mereka, kita akan terus mendukung rakyat Afghanistan dengan bantuan kemanusiaan yang kuat dan mengadvokasi perlindungan hak asasi mereka, khususnya perempuan dan anak perempuan," tegas Blinken.

Secara terpisah, seperti dilansir CNN, seorang pejabat senior pemerintahan AS menyebut bahwa beberapa tokoh senior Taliban Haqqani yang menyadari kehadiran Al-Zawahiri di wilayah Afghanistan telah melakukan 'pelanggaran yang jelas terhadap Perjanjian Doha'.

Simak video 'Joe Biden Klaim AS Bunuh Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT