Presiden Sri Lanka Mundur: Ini 5 Fakta Mundurnya Rajapaksa

ADVERTISEMENT

Presiden Sri Lanka Mundur: Ini 5 Fakta Mundurnya Rajapaksa

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 13:38 WIB
Presiden Sri Lanka Mundur: Simak 5 Fakta Mundurnya Rajapaksa
Presiden Sri Lanka Mundur: Simak 5 Fakta Mundurnya Rajapaksa | Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden Sri Lanka mundur secara resmi setelah sebelumnya sempat melalui banyak drama pelarian diri selepas didemo rakyatnya. Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa juga sempat menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya pada 13 Juli lalu.

Setelah beberapa hari tidak ada kabar, akhirnya pada hari Jumat, 15 Juli 2022, Presiden Gotabaya Rajapaksa secara resmi mundur dari jabatannya. Simak fakta-fakta seputar berita mundurnya Rajapaksa selengkapnya berikut ini.

1. Presiden Sri Lanka Mundur Karena Didemo Rakyatnya

Sebelumnya, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa sempat didemo oleh rakyatnya. Ribuan rakyat melakukan unjuk rasa lantaran kondisi krisis ekonomi parah yang tengah dialami Sri Lanka, dengan mendatangi rumah Presiden Rajapaksa.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Senin (11/7/2022), ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediaman resmi Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri (PM) Ranil Wickremesinghe pada hari Sabtu (9/7/2022). Ribuan rakyat itu melakukan unjuk rasa dalam rangka untuk menuntut pengunduran diri Presiden Sri Lanka di tengah krisis ekonomi parah yang melanda negara Sri Lanka.

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe juga mengatakan akan mundur untuk memungkinkan pemerintah sementara yang terdiri dari semua partai mengambil alih. Adapun rencana Presiden Sri Lanka mundur akan dinyatakan pada 13 Juli 2022, menurut ketua parlemen.

2. Sebelum Presiden Sri Lanka Mundur, Rajapaksa Melarikan Diri ke Maladewa

Menjelang pengunduran dirinya, Gotabaya Rajapaksa sempat melarikan diri dari Sri Lanka pada Rabu (13/7/2022). Presiden Sri Lanka melarikan diri ke luar negeri dengan pesawat militer menuju ke Maladewa.

Dilansir dari AFP, Rabu (13/7/2022), sumber imigrasi mengatakan bahwa Rajapaksa, istri dan seorang pengawalnya termasuk di antara empat penumpang di pesawat militer Antonov-32 lepas landas dari bandara internasional utama Sri Lanka.

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus angkatan udara," kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses itu kepada AFP.

Sesampainya di Maladewa, Gotabaya beserta rombongannya itu dibawa ke lokasi yang dirahasiakan. Hal itu di bawah pengawalan polisi, ujar seorang pejabat bandara di Male, Maladewa.

3. Sebelum Presiden Sri Lanka Mundur, Sempat Kabur ke Singapura-Arab Saudi

Alih-alih mengumumkan pengunduran dirinya, Presiden Rajapaksa malah lanjut kabur dari Maladewa ke negara lain. Setelah meninggalkan Maladewa, Gotabaya Rajapaksa kabur ke Singapura hingga Arab Saudi.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (14/7/2022), seorang pejabat pemerintah Maladewa mengatakan, Rajapaksa menaiki pesawat Saudi Airlines yang membawanya ke Singapura dan kemudian ke Jeddah, Arab Saudi. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini.

Menurut seorang pejabat bandara kepada AFP, Rajapaksa beserta istrinya, Ioma dan dua pengawal mereka dikawal ke pesawat tersebut, beberapa menit sebelum lepas landas dari bandara Internasional Velana di Male, ibu kota Maladewa.

4. Pernyataan Presiden Sri Lanka Mundur Dikirim Melalui Email

Pada Kamis (14/7/2022), Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengirimkan surat pengunduran diri melalui email kepada ketua parlemen. Demikian yang disampaikan oleh juru bicara ketua parlemen Sri Lanka, Indunil Yapa.

Dilansir AFP, Kamis (14/7/2022), Yapa mengatakan bahwa pernyataan pengunduran diri Presiden Sri Lanka itu diteruskan ke jaksa agung negara itu. Kemudian, jaksa agung akan mempertimbangkan implikasi hukum sebelum diterima secara resmi.

5. Presiden Sri Lanka Mundur Secara Resmi, Rakyat Merayakan di Jalan-Jalan

Dilansir Associated Press, Jumat (15/7/2022), seorang pembantu Ketua Parlemen Sri Lanka menyatakan bahwa telah menerima pengunduran diri presiden melalui Kedutaan Besar Sri Lanka di Singapura, tetapi belum ada pengumuman resmi.

Adapun, pengumuman pengunduran diri secara resmi itu rencananya akan dilakukan pada hari Jumat waktu setempat. Setelah keaslian dan legalitas surat itu diverifikasi.

Saat berita Presiden Sri Lanka mundur itu menyebar, kerumunan rakyat berkumpul di sekitar kantor presiden untuk merayakannya. Puluhan rakyat menari dan bersorak serta mengibarkan bendera Sri Lanka.

Demikian, rentetan informasi yang memuat fakta seputar kabar Presiden Sri Lanka mundur dari jabatannya.

Simak Video 'Sorak Sorai Warga Sri Lanka Sambut Pengunduran Diri Rajapaksa':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT