Rajapaksa Kirim Email Pernyataan Mundur dari Presiden ke Parlemen Sri Lanka

ADVERTISEMENT

Rajapaksa Kirim Email Pernyataan Mundur dari Presiden ke Parlemen Sri Lanka

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 22:06 WIB
Sri Lanka: Presiden Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari negaranya dengan pesawat militer, siapa yang akan menggantikannya?
Rajapaksa (Foto: BBC World)
Kolombo -

Juru bicara ketua parlemen Sri Lanka, Indunil Yapa, mengatakan Presiden Gotabaya Rajapaksa mengirim surat pengunduran diri melalui email kepada ketua parlemen. Rajapaksa sendiri telah melarikan diri dari Sri Lanka.

Dilansir AFP, Kamis (14/7/2022), Yapa mengatakan pengunduran diri itu diteruskan ke jaksa agung negara itu. Kemudian, jaksa agung akan mempertimbangkan implikasi hukum sebelum diterima secara resmi.

Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka pada Rabu (13/7) pagi waktu setempat ketika para pengunjuk rasa mengambil alih gedung-gedung pemerintah untuk menuntut dia mengundurkan diri.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan telah meninggalkan Maladewa setelah melarikan diri dari negaranya sendiri di tengah krisis ekonomi.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (14/7), seorang pejabat pemerintah Maladewa mengatakan, Rajapaksa naik pesawat Saudi Airlines yang akan membawanya ke Singapura dan kemudian ke Jeddah, Arab Saudi. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini.

Menurut seorang pejabat bandara kepada AFP, Rajapaksa beserta istrinya, Ioma dan dua pengawal mereka dikawal ke pesawat tersebut, beberapa menit sebelum lepas landas dari bandara Internasional Velana di Male, ibu kota Maladewa.

Simak video 'Perdana Menteri Sri Lanka Ditunjuk Jadi Penjabat Presiden Sementara':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT