ADVERTISEMENT

Balada Rajapaksa Kabur dari Sri Lanka Disambut Demo di Maladewa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 21:10 WIB
Sri Lankan President Gotabaya Rajapaksa delivers his policy speech in the Parliament in Colombo, Sri Lanka, Thursday, Aug. 20, 2020. (AP Photo/Eranga Jayawardena)
Foto:Gotabaya Rajapaksa, (AP/Eranga Jayawardena)
Jakarta -

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari tanah airnya ke Maladewa. Namun, dia malah mendapat sambutan demonstrasi saat tiba di Maladewa.

Dilansir dari AFP, Rabu (13/7/2022), Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka menggunakan pesawat militer Antonov-32 pada Rabu pagi. Rajapaksa melarikan diri dengan istri dan seorang pengawalnya.

Menurut sumber imigrasi, pesawat itu lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa. Dia meninggalkan Sri Lanka sebelum puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbu kediamannya.

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus angkatan udara," kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses itu kepada AFP.


Diketahui, Rajapaksa berjanji pada akhir pekan lalu, untuk mengundurkan diri pada hari Rabu (13/7) dan membuka jalan bagi "transisi kekuasaan yang damai."

Sebagai presiden, Rajapaksa memiliki kekebalan dari penangkapan. Dia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Maladewa. Namun di sana, ia justru disambut demonstran.Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Maladewa. Namun di sana, ia justru disambut demonstran. Foto: Reuters


Disambut Demonstran di Maladewa

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (14/7/2022), massa demonstran yang merupakan para ekspatriat Sri Lanka di Maladewa. Mereka menyerukan pemerintah Maladewa untuk tidak memberikan tempat perlindungan bagi Rajapaksa.

Dalam aksinya, puluhan ekspatriat Sri Lanka tersebut membawa bendera dan spanduk yang mencela Rajapaksa.

"Teman-teman Maladewa yang terhormat, mohon desak pemerintah Anda untuk tidak melindungi para penjahat," demikian bunyi tulisan spanduk hitam putih yang dipegang oleh warga Sri Lanka yang bekerja di ibu kota kecil negara tersebut.

Media lokal mempublikasi video warga yang meneriakkan penghinaan terhadap Rajapaksa saat dia berjalan keluar dari bandara Internasional Velana setelah kedatangannya dengan pesawat militer.

Simak video 'Presiden Sri Lanka Kabur ke Maladewa, Malah Disambut Demonstran':

[Gambas:Video 20detik]



Rajapaksa tinggalkan Maladewa. Simak di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT