5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 17:27 WIB
Gotabaya Rajapaksa: Profil Presiden-Penyebab Sri Lanka Bangkrut
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa (Foto: AFP/JEWEL SAMAD)
Jakarta -

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa yang kabur ke Maladewa, menghadapi aksi protes setibanya dia di negara tersebut pada Rabu (13/7) waktu setempat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (14/7/2022), massa demonstran yang merupakan para ekspatriat Sri Lanka di Maladewa menyerukan pemerintah Maladewa untuk tidak memberikan tempat perlindungan bagi Rajapaksa.

Dalam aksinya, puluhan ekspatriat Sri Lanka tersebut membawa bendera dan spanduk yang mencela Rajapaksa.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (14/7/2022):

- Pemimpin Oposisi Akan Calonkan Diri Jadi Presiden Sri Lanka

Pemimpin oposisi utama Sri Lanka, Sajith Premadasa mengatakan dirinya berniat mencalonkan diri sebagai presiden, setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa mundur.

Ini terjadi setelah partainya, Samagi Jana Balawegaya (SJB) mengadakan pembicaraan dengan sekutu untuk mendapatkan dukungan untuk langkah pencalonan tersebut.

Sri Lanka tengah menghadapi krisis ekonomi terparah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang telah menyebabkan ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa sejak Maret lalu.

Dilansir dari BBC, Kamis (14/7/2022), Perdana Menteri (PM) Ranil Wickremesinghe saat ini ditunjuk sebagai presiden sementara Sri Lanka setelah Presiden Rajapaksa kabur ke Maladewa usai penyerbuan massa demonstran ke kediaman resminya.

- Bertemu PM Israel, Biden Teken Deklarasi Keamanan Melawan Iran

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Israel Yair Lapid akan menandatangani "deklarasi" keamanan pada hari Kamis (14/7) ini yang menegaskan persatuan mereka melawan Iran. Penandatangan akan dilakukan saat Biden mengadakan pembicaraan bilateral di Yerusalem.

"Deklarasi ini cukup signifikan dan termasuk komitmen untuk tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir dan untuk mengatasi kegiatan destabilisasi Iran, terutama ancaman terhadap Israel," kata seorang pejabat pemerintahan Biden, seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (14/7/2022).

Biden mendarat di Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv pada hari Rabu (13/7) untuk tur Timur Tengah pertama kepresidenannya. Dalam lawatannya ini, Biden akan bertemu dengan para pemimpin Israel dan Palestina sebelum terbang ke Arab Saudi.

- Rusia Terus Gempur Ukraina, 5 Orang Tewas di Mykolaiv

Pasukan Rusia terus melancarkan serangan-serangannya di Ukraina. Sedikitnya lima orang tewas dalam gempuran Rusia di wilayah sekitar kota pelabuhan Mykolaiv, Ukraina, dekat Laut Hitam.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT