ADVERTISEMENT

Pelaku Penembakan di Mal Denmark Alami Gangguan Kesehatan Mental

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 15:26 WIB
Tiga orang tewas dalam penembakan di mal Kopenhagen, Denmark. Begini suasana mal tersebut usai penembakan.
Suasana mal di Kopenhagen, Denmark, usai penembakan yang menewaskan 3 orang (Claus Bech/Ritzau Scanpix via AP)
Kopenhagen -

Kepolisian Denmark menyatakan pelaku penembakan mematikan di sebuah mal di ibu kota Kopenhagen sudah dikenal oleh layanan kesehatan mental setempat. Sejauh ini, otoritas Denmark menyatakan tidak ada indikasi yang menunjukkan penembakan itu sebagai aksi teror.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/7/2022), sedikitnya tiga orang, termasuk dua remaja, tewas dalam penembakan yang terjadi di pusat perbelanjaan atau mal bernam Fields yang terletak di antara pusat kota dan bandara Kopenhagen pada Minggu (3/7) sore waktu setempat.

Pelaku penembakan ini telah ditangkap oleh otoritas setempat usai penembakan terjadi. Identitas pelaku belum diungkap ke publik, hanya disebutkan bahwa usianya 22 tahun.

"Tersangka kita juga dikenal di kalangan layanan psikiatri, di luar itu saya tidak bisa berkomentar," ucap Kepala Kepolisian Kopenhagen, Soren Thomassen, dalam konferensi pers.

Thomassen menambahkan bahwa para korban tampaknya ditargetkan secara acak. Dia juga menyatakan tidak ada indikasi bahwa itu merupakan aksi teror.

"Penilaian kami adalah korbannya acak, bahwa itu tidak dimotivasi oleh jenis kelamin atau hal lainnya," sebut Thomassen.

Motif di balik penembakan ini belum diketahui secara jelas. Thomassen enggan mengomentari soal dugaan motif pelaku, namun dia menyebut tampaknya ada persiapan sebelum serangan dilakukan dan pelaku tidak dibantu oleh orang lainnya.

"Seperti yang terjadi, sepertinya dia bertindak sendirian," ujarnya.

Lihat video 'Kepanikan Pengunjung Mal di Kopenhagen Usai 3 Orang Tewas Ditembak':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT