ADVERTISEMENT

Penembakan di Denmark Tewaskan 3 Orang, Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 13:16 WIB
Penembakan Denmark terjadi di Mal Kopenhagen. Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada Minggu (3/7/2022) waktu setempat.
Penembakan di Denmark Tewaskan 3 Orang, Ini Fakta-faktanya (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Penembakan Denmark terjadi di Mal Kopenhagen. Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada Minggu (3/7/2022) waktu setempat.

Kabar terbaru, polisi telah berhasil menangkap satu orang pelaku penembakan. Simak informasi selengkapnya tentang penembakan di Denmark.

Penembakan Denmark: Terjadi Setelah Kompetisi Sepeda Tour de France

Tembakan terjadi di Mal Kopenhagen, Denmark pada Minggu (3/7/2022). Peristiwa itu terjadi tepat dua hari setelah kompetisi bersepeda Tour de France tahun ini yang dimulai dari Kopenhagen.

"Seluruh karavan Tour de France mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada para korban dan keluarga mereka," kata kepala Polisi Kopnehagen Soren Thomassen, dikutip detikcom, Senin (4/7/2022).

Penembakan Denmark terjadi di Mal Kopenhagen. Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada Minggu (3/7/2022) waktu setempat.Penembakan Denmark terjadi di Mal Kopenhagen. Peristiwa terjadi pada Minggu (3/7/2022) waktu setempat. (Foto: AP/Olafur Steinar Gestsson)

Satu Orang Pelaku Ditangkap

Melansir dari AFP, pelaku penembakan telah ditangkap kepolisian Kopenhagen. Diketahui, tersangka peristiwa tersebut adalah warga Denmark yang berusia 22 tahun.

"Satu orang telah ditangkap sehubungan dengan penembakan di Fields. Saat ini kami tidak dapat mengatakan apa pun tentang identitas mereka," demikian keterangan dari polisi Kopenhagen.

Penembakan di Kopenhagen: 3 Orang Tewas

Polisi setempat telah mengonfirmasi jumlah korban akibat penembakan di Mal Kopenhagen, Denmark. Sebanyak 3 korban tewas dan sejumlah orang luka-luka. Menurut penyiar publik DR, sedikitnya tiga orang dirawat di rumah sakit.

Kronologi Kejadian Penembakan di Denmark

Melansir dari media Denmark, seorang saksi mata menceritakan tentang kejadian penembakan tersebut. Tersangka mencoba menipu orang dengan mengatakan senjatanya palsu, untuk membuat mereka mendekat.

"Dia cukup psikopat untuk pergi dan berburu orang, tapi dia tidak lari," kata seorang saksi mata kepada televisi pemerintah DR, dikutip detikcom, Senin (4/7/2022).

Saksi mata lainnya mengatakan bahwa mereka melihat lebih dari 100 orang menuju pintu keluar mal saat tembakan pertama dilepaskan.

"Kami bisa melihat banyak orang tiba-tiba berlari menuju pintu keluar dan kemudian kami mendengar suara ledakan," ucap Thea Schmidt, yang berada di mal pada saat serangan itu terjadi.

Proses Evakuasi Penembakan di Denmark

Gambar yang beredar menunjukkan wanita membawa anak-anak mereka dan personel ambulans membawa orang pergi dengan tandu. Berdasarkan keterangan koresponden AFP di tempat kejadian, sekitar pukul 19:30 (1730 GMT), jalan di sekitar mal diblokir, kereta bawah tanah dihentikan, dan sebuah helikopter terbang di atasnya. Petugas polisi bersenjata juga mencegah penonton mendekat ke tempat kejadian.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT