ADVERTISEMENT

Kapal Militer China Berlayar Dekat Pulau Sengketa, Jepang Protes!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 14:34 WIB
Japanese officials regularly protest the presence of Chinese coast guard vessels in waters near the islands. PHOTO: AFP
Otoritas Jepang secara rutin memprotes kehadiran kapal militer China di dekat pulau sengketa kedua negara (dok. AFP)
Tokyo -

Jepang melayangkan protes ke China terkait kapal miliiter Beijing yang kedapatan berlayar di dekat kepulauan yang menjadi sengketa kedua negara. Protes itu disampaikan saat laporan lainnya menyebut Rusia juga mengerahkan kapal militernya ke area yang sama.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/7/2022), kepulauan sengketa yang ada di perairan Laut China Timur -- disebut Senkaku oleh Tokyo dan Diaoyu oleh Beijing -- menjadi pusat perselisihan sejak lama antara Jepang dan China.

Otoritas Jepang secara rutin memprotes kehadiran kapal-kapal penjaga pantai China di wilayah perairannya dekat kepulauan sengketa itu. Namun menurut televisi NHK, hal ini menjadi momen pertama sejak tahun 2018 saat sebuah kapal militer terdeteksi di sana.

Pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang menyebutkan bahwa pada Senin (4/7) sekitar pukul 07.44 waktu setempat, sebuah kapal fregat Angkatan Laut China 'terpantau memasuki perairan tambahan Jepang' yang ada di sebelah barat daya salah satu pulau yang dikuasai Tokyo.

Perairan tambahan atau contiguous water merupakan zona sepanjang 12 mil laut yang membentang di luar perairan teritorial.

"Kami menyampaikan keprihatinan besar dan melayangkan protes kami kepada pihak China melalui rute diplomatik, dan mendesak mereka untuk mencegah berulangnya (insiden) ini," ucap wakil kepala sekretaris kabinet Seiji Kihara kepada wartawan setempat.

Ditegaskan Kihara bahwa kepulauan tersebut 'merupakan wilayah Jepang dari sudut pandang sejarah dan hukum internasional'.

Lihat juga video 'China Siap Perang Jika Ada yang Berani Pisahkan Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT