Pesawat China-Rusia Masuk Zona Pertahanan, Korsel Kerahkan Jet Tempur

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 16:13 WIB
A South Korean F-15K jet fighter takes off during the
Ilustrasi -- Jet tempur Korsel (dok. Jung Yeon-Je/AFP/Getty Images)
Seoul -

Militer Korea Selatan (Korsel) mengerahkan sejumlah jet tempur setelah empat pesawat militer China dan empat pesawat militer Rusia terdeteksi memasuki zona pertahanan udaranya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (25/5/2022), Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) dalam pernyataannya menyebut pesawat-pesawat China dan Rusia itu terdeteksi memasuki dan meninggalkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (ADIZ) di Laut Jepang atau Laut Timur.

Insiden itu terjadi beberapa kali sepanjang hari, atau pada Selasa (24/5) waktu setempat.

Sebagai respons atas aksi itu, militer Korsel pun mengerahkan sejumlah jet tempur dari Angkatan Udaranya 'untuk menerapkan langkah-langkah taktis' guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Ditekankan JCS bahwa pesawat-pesawat tempur China dan Rusia, yang terdiri atas jet tempur dan pesawat pengebom, itu tidak melanggar wilayah udara Korsel.

Tidak seperti wilayah udara, ADIZ merupakan area di mana negara-negara bisa secara sepihak menuntut pesawat asing untuk mengambil langkah-langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri, tanpa adanya hukum internasional yang mengatur ADIZ.

Insiden pada Selasa (24/5) itu menjadi yang pertama dilaporkan Korsel sejak Presiden Yoon Suk-Yeol menjabat mulai 10 Mei lalu.

Simak juga Video: Aksi Su-35 Jet Si Penghancur Kota-kota di Ukraina

[Gambas:Video 20detik]