ADVERTISEMENT

Rusia Kini Kuasai Seluruh Luhansk Ukraina Usai Rebut Kota Terakhir

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 11:57 WIB
Smoke rises over the remains of a building destroyed by a military strike, as Russias attack on Ukraine continues, in Lysychansk, Luhansk region, Ukraine June 17, 2022. REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo
Dampak pertempuran Rusia dan Ukraina di kota Lysychansk (REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo)
Moskow -

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu melaporkan kepada Presiden Vladimir Putin pada Minggu (3/7) waktu setempat bahwa Moskow dan sekutunya sekarang telah menguasai sepenuhnya wilayah Luhansk di Ukraina bagian timur, usai berhasil merebut kota besar terakhir, Lysychansk.

Seperti dilansir Reuters, Senin (4/7/2022), jika klaim Rusia ini dikonfirmasi, maka akan menandai tonggak pencapaian signifikan bagi Moskow memasuki hari ke-130 perang di Ukraina, yang disebut sebagai 'operasi militer khusus' oleh Kremlin.

Setelah menarik pasukan dari sekitar Kiev usai gagal merebut ibu kota Ukraina, Rusia memusatkan operasi militernya ke wilayah Donbas, yang terdiri atas Luhansk dan Donetsk. Rusia berupaya keras mengusir pasukan Ukraina keluar dari kedua wilayah itu, di mana separatis pro-Moskow bertempur melawan pasukan Kiev sejak tahun 2014 lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan terbaru, pada Minggu (3/7) waktu setempat, menyebut Shoigu telah memberitahukan Putin soal 'pembebasan' Luhansk usai berhasil dikuasainya kota Lysychansk, yang sebelumnya menjadi pusat tambang batu bara.

"Seperti yang dilaporkan Jenderal Militer Sergei Shoigu (kepada Putin), setelah operasi militer yang sukses, Angkatan Bersenjata Rusia, bersama dengan unit-unit dari milisi rakyat Republik Rakyat Luhansk, mendapatkan kendali penuh atas kota Lysychansk," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Sebelum menguasai Lysychansk, Rusia diketahui berhasil merebut kota industri Sievierodonetsk dari pasukan Ukraina. Baik Lysychansk maupun Sievierodonetsk diketahui sama-sama terletak di Luhansk, yang menjadi lokasi pertempuran paling sengit antara Moskow dan Kiev dalam beberapa pekan terakhir.

Rusia menyebut dikuasainya kota Lysychansk dalam waktu kurang dari sepekan usai merebut kota Sievierodonetsk telah memberikan kendali penuh atas wilayah Luhansk pada Moskow -- kemenangan politik yang akan memenuhi tujuan utama perang Kremlin. Pertempuran kini akan beralih ke Donetsk, di mana sebagian besar wilayahnya masih dikuasai Kiev.

Simak juga Video: Ukraina Rilis Video Diduga 2 Pesawat Rusia Kirim Bom ke Pulau Ular

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT