ADVERTISEMENT

Remaja Palestina Berumur 17 Tahun Tewas Ditembak Tentara Israel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 11:36 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Seorang remaja Palestina meninggal dunia pada Minggu (3/7) waktu setempat setelah ditembak oleh pasukan Israel di Tepi Barat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (4/7/2022), Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan remaja Palestina berumur 17 tahun itu diidentifikasi sebagai Kamel Alawnah. Kementerian menyatakan, remaja putra tersebut "meninggal karena luka akibat tembakan langsung oleh pendudukan (tentara Israel) di bagian perut dan tangan di Jenin".

Sebuah sumber medis Palestina mengatakan kepada AFP bahwa Alawnah terluka usai insiden yang terjadi pada Sabtu (2/7) waktu setempat di Jaba, sebuah desa di provinsi Jenin di Tepi Barat utara.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (3/7) bahwa "seorang tersangka melemparkan bom molotov" ke pasukannya di dekat Jaba pada hari Sabtu.

"Para prajurit menanggapi dengan tembakan langsung ke arah tersangka," tambah militer.

Empat puluh sembilan warga Palestina telah terbunuh sejak akhir Maret di seluruh Israel dan wilayah Palestina. Mereka yang tewas termasuk warga sipil, penyerang dan tersangka militan.

Mereka termasuk jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, yang menurut PBB terbunuh akibat tembakan tentara Israel saat meliput serangan militer di Jenin.

Selama periode yang sama, 19 orang -- mayoritas warga sipil Israel di dalam wilayah Israel -- telah tewas, terutama dalam serangan oleh warga Palestina. Tiga penyerang Arab Israel juga tewas.

Pasukan keamanan Israel telah melakukan serangan militer hampir setiap hari di Tepi Barat, termasuk di Jenin dan sekitarnya.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT