ADVERTISEMENT

Terungkap, Trump Rebut Kemudi Sopir untuk Pergi ke Capitol saat Rusuh

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 11:26 WIB
Washington DC -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampaknya sangat ingin bergabung dengan para pendukungnya yang menyerbu Gedung Capitol pada 6 Januari 2021 lalu. Bahkan terungkap bahwa Trump saat itu menyerang agen Secret Service yang mengemudikan kendaraan kepresidenan dan berusaha merebut kemudi sopir.

Seperti dilansir AFP, Rabu (29/6/2022), hal itu diungkapkan oleh Cassidy Hutchinson yang merupakan salah satu asisten Kepala Staf AS era Trump, Mark Meadows. Hutchinson menyampaikan informasi itu saat memberikan testimoni kepada Komisi DPR AS yang menyelidiki penyerbuan Gedung Capitol tahun lalu.

Lebih lanjut dituturkan oleh Hutchinson bahwa Trump saat itu sempat mengira dirinya akan dibawa untuk bergabung dengan kerumunan orang yang berkumpul di Gedung Capitol, Washington DC, usai dirinya berpidato di hadapan pendukungnya.

Disebutkan Hutchinson bahwa Trump menjadi marah ketika diberitahu hal itu tidak mungkin dilakukan karena alasan keamanan. Bahkan, sebut Hutchinson, Trump saat itu berupaya untuk bergulat dengan seorang agen Secret Service yang mengemudikan limosin yang menjadi kendaraan dinasnya.

"Saya presidennya, bawa saya ke Capitol sekarang," ucap Trump pada saat itu, seperti dituturkan Hutchinson yang memberikan testimoni soal kisah yang disampaikan kepadanya oleh seorang pejabat pemerintahan era Trump lainnya.

Trump, yang tampaknya menonton sidang penyelidikan penyerbuan Gedung Capitol yang disiarkan televisi, berupaya mendiskreditkan Hutchinson dengan postingan media sosial yang berisikan ocehan mengecam keterangan Hutchinson sebagai 'cerita palsu' hingga menyebut sidang Komisi DPR AS sebagai 'persidangan kanguru'.

Panel Kongres AS menghabiskan waktu setahun terakhir menyelidiki penyerbuan Gedung Capitol yang merupakan kantor DPR dan Senat AS pada 6 Januari 2021 lalu, yang sempat menghentikan sementara proses sertifikasi hasil pemilihan presiden (pilpres) oleh Kongres AS.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT