ADVERTISEMENT

Rusia Gempur Apartemen-Sekolah di Kharkiv, 5 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 14:16 WIB
Kiev -

Gempuran pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina bagian timur laut, dilaporkan mengenai sejumlah gedung apartemen dan sebuah Sekolah Dasar (SD). Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (28/6/2022), Gubernur Kharkiv Oleg Synegubov melaporkan bahwa seluruh korban tewas merupakan warga sipil. Sekitar 22 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka, termasuk lima di antaranya masih anak-anak.

"Semuanya adalah warga sipil Kharkiv, yang berjalan di jalanan, di taman bermain," sebut Synegubov dalam pernyataan via Telegram.

Rekaman video yang beredar menunjukkan bahwa serangan Rusia itu menghancurkan gedung-gedung apartemen setempat. Ledakan akibat gempuran itu memicu sebuah kawah besar di depan sebuah sekolah setempat, dengan puing-puing berserakan di ruang-ruang kelas dan semua kaca jendela pecah.

Tim penyelamat tampak mengevakuasi para korban luka dan membawa mereka dengan tandu ke ambulans-ambulans.

Salah satu warga setempat, Maksim Antonenko, menuturkan dirinya sempat memberikan pertolongan pertama pada orang lain setelah tiga ledakan mengguncang.

"Ada seorang pria tergeletak di sana. Saya membantunya untuk membalut kakinya, kami berdua membalutnya dengan perban dan menghentikan pendarahannya. Dia juga terluka di tangan," ucapnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT