ADVERTISEMENT

Rusia Ngegas, Tembakkan 62 Rudal ke Ukraina dalam 24 Jam!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 10:15 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Juru bicara Angkatan Bersenjata Ukraina, secara terpisah, mengungkapkan bahwa serangan itu dilakukan Rusia dengan menembakkan 4-6 rudal jarak jauh dari pesawat-pesawat pengebom mereka yang berjarak lebih dari 1.000 kilometer jauhnya di wilayah Astrakhan, Rusia bagian selatan.

Zelensky dalam pernyataannya juga menyatakan bahwa pertahanan Ukraina hanya mampu menembak jatuh beberapa dari 62 rudal yang ditembakkan Rusia dalam waktu 24 jam terakhir. Dia menekankan tuntutan Kiev kepada mitra-mitranya untuk memasok sistem pertahanan udara modern.

Serangan rudal Rusia, menurut otoritas lokal Ukraina, juga mengenai pusat kota Cherkasy, yang hingga sekarang belum tersentuh oleh gempuran Moskow. Dilaporkan bahwa satu orang tewas dan lima orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan itu.

Penasihat kepresidenan Ukraina, Oleksiy Arestovych, menyebut serangan juga mengenai sebuah jembatan strategis yang menghubungkan Ukraina bagian barat dengan bagian timur yang terus digempur Rusia. "Mereka berupaya membatasi pengiriman senjata cadangan dan senjata Barat ke timur," sebutnya pada Reuters.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyerukan agar negara-negara G7 merespons serangan rudal terbaru dari Rusia dengan menjatuhkan sanksi-sanksi lanjutan terhadap Moskow dan memberikan pasokan senjata berat pada Ukraina.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pasukannya menggunakan senjata presisi tinggi untuk menyerang pusat pelatihan militer di wilayah Chernihiv, Zhytomyr dan Lviv -- merujuk pada serangan yang dilaporkan Ukraina. Tidak ada laporan soal serangan terhadap Kiev atau Cherkasy.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT