ADVERTISEMENT

Putin Kunjungi 2 Negara Bekas Soviet Sebelum Bertemu Jokowi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 09:37 WIB
Russian President Vladimir Putin greets people after his speech at the concert marking the eighth anniversary of the referendum on the state status of Crimea and Sevastopol and its reunification with Russia, in Moscow, Russia, Friday, March 18, 2022. (Ramil Sitdikov/Sputnik Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Puitn (dok. AP/Ramil Sitdikov)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke dua negara bekas Uni Soviet pekan ini, sebelum bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Moskow. Itu akan menjadi kunjungan ke luar negeri pertama yang dilakukan Putin sejak memerintahkan invasi militer ke Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Senin (27/6/2022), koresponden Kremlin untuk televisi pemerintah Rusia, Rossiya 1, Pavel Zarubin mengungkapkan bahwa Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan pekan ini dan kemudian bertemu Jokowi untuk melakukan pembicaraan di Moskow.

Disebutkan bahwa di Dushanbe, ibu kota Tajikistan, Putin akan bertemu Presiden Imomali Rakhmon, yang merupakan sekutu dekat Rusia dan penguasa terlama untuk sebuah negara bekas Soviet.

Kemudian di Ashgabat, ibu kota Turkmenistan, Putin akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia. Ditambahkan Zarubin bahwa pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan akan menghadiri pertemuan itu.

Laporan kantor berita Rusia, RIA, yang mengutip ketua Majelis Atas Parlemen Rusia menyebutkan bahwa Putin juga berencana mengunjungi kota Grodno di Belarusia pada 30 Juni dan 1 Juli untuk menghadiri forum bersama Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Putin diketahui terakhir kali melakukan kunjungan ke luar negeri ke Beijing pada awal Februari, di mana dia dan Presiden China Xi Jinping mengungkapkan kesepakatan persahabatan 'tanpa batas' beberapa jam sebelum keduanya menghadiri seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Lihat juga video 'Momen Pemimpin G7 Olok-olok Putin Telanjang Dada Naik Kuda':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT