ADVERTISEMENT

Rusia Ngegas, Tembakkan 62 Rudal ke Ukraina dalam 24 Jam!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 10:15 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Kiev -

Rusia semakin meningkatkan serangan rudal ke Ukraina saat pemimpin negara-negara G6 berkumpul di Eropa membahas sanksi lanjutan untuk Moskow. Presiden Volodymyr Zelensky melaporkan puluhan rudal ditembakkan oleh pasukan Rusia ke wilayah Ukraina dalam 24 jam terakhir, dengan beberapa ditembak jatuh.

Seperti dilansir Reuters, Senin (27/6/2022), rudal-rudal Rusia dilaporkan mengenai sebuah blok apartemen dan sebuah lokasi dekat Taman Kanak-kanak (TK) di ibu kota Kiev pada Minggu (26/6) waktu setempat.

Sedikitnya empat ledakan dilaporkan mengguncang Kiev pada pagi hari, yang merupakan serangan pertama terhadap ibu kota Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Diketahui bahwa tidak ada serangan besar terhadap Kiev sejak awal Juni ini.

"Rusia menyerang Kiev lagi. Rudal-rudal merusak sebuah gedung apartemen dan sebuah Taman Kanak-kanak," tutur kepala administrasi kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak.

Seorang fotografer Reuters melihat sebuah kawah bekas ledakan berukuran besar di dekat sebuah taman bermain yang ada di seubah Taman Kanak-kanak setempat. Kaca jendela pada TK itu semuanya pecah.

Wakil Wali Kota Kiev Mykola Povorosznyk menyebut satu orang tewas dan enam orang lainnya mengalami luka-luka. Dia juga menyebut sejumlah ledakan terdengar di bagian lainnya saat sistem pertahanan Kiev menghancurkan rudal-rudal yang datang.

Presiden Volodymyr Zelensky dalam pernyataannya menyebut seorang bocah perempuan berusia 7 tahun dievakuasi dalam keadaan hidup dari reruntuhan puing gedung apartemen sembilan lantai. Bocah itu mengalami luka-luka, sedangkan ayahnya tewas akibat serangan Rusia.

"Dia tidak terancam oleh apapun di negara kita. Dia benar-benar aman, hingga Rusia sendiri memutuskan bahwa semuanya jahat bagi mereka sekarang -- wanita, anak-anak, taman kanak-kanak, rumah-rumah, rumah sakit, rel kereta api," sebut Zelensky.

Lihat video 'Pemandangan Kiev Diserang Rudal Jelang Kedatangan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT