ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 17:11 WIB
BEIJING, CHINA - APRIL 26:  Malaysian Prime Minister Mahathir Mohamad delivers his speech for the opening ceremony of the Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF) April 26, 2019 in Beijing, China.  (Photo by How Hwee Young-Pool/Getty Images)
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad (Foto: Getty Images/Pool)

Kaliningrad adalah wilayah eksklave Rusia, terjepit di antara Polandia dan Lithuania. Diketahui bahwa Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi terhadap barang-barang ekspor Rusia sebagai sanksi karena negara itu karena telah menginvasi Ukraina. Pada Sabtu (18/6) waktu setempat, Lithuania mengumumkan bahwa semua barang-barang yang mendapatkan sanksi dari Uni Eropa, tidak diperbolehkan transit di negaranya.

Hal ini menuai kemarahan Rusia. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (20/6) waktu setempat bahwa mereka telah memanggil kuasa usaha Lithuania di Moskow untuk memprotes tindakan "provokatif" dan "terang-terangan bermusuhan" itu.

- TV Rusia Kini Mengudara di Kherson Ukraina yang Diduduki

Stasiun televisi Rusia sekarang mengudara di wilayah Kherson, Ukraina selatan yang diduduki pasukan Rusia. Di wilayah itu, Moskow juga telah memberlakukan mata uang Rusia, Rubel dan mulai mendistribusikan paspor Rusia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (21/6/2022), militer Rusia mengumumkan bahwa Angkatan bersenjata Rusia telah "mengkonfigurasi ulang menara terakhir dari tujuh menara televisi di wilayah Kherson untuk menyiarkan saluran televisi Rusia secara gratis".

Berbatasan dengan semenanjung Crimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014, wilayah Kherson diduduki oleh pasukan Rusia beberapa hari setelah serangan Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari lalu.

- Mahathir: Malaysia Harusnya Klaim Singapura dan Kepulauan Riau!

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad melontarkan pernyataan kontroversial dengan menyebut Malaysia seharusnya mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Seperti dilansir Straits Times, Selasa (21/6/2022), Mahathir juga menyatakan bahwa Singapura sebelumnya dikuasai oleh Johor dan wilayah Johor seharusnya menuntut agar Singapura dikembalikan kepadanya dan kepada Malaysia.

"Namun, tidak ada tuntutan apapun dari Singapura. Sebaliknya, kita menunjukkan apresiasi kita pada kepemimpinan negara baru ini yang disebut Singapura," ucap Mahathir dalam pidatonya pada Minggu (19/6) waktu setempat.


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT