ADVERTISEMENT

Biden Akan Tur Eropa Tapi Tak Mungkin ke Ukraina, Kenapa?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 11:31 WIB
President Joe Biden speaks about the mass shooting at Robb Elementary School in Uvalde, Texas, from the White House, in Washington, Tuesday, May 24, 2022, as first lady Jill Biden listens. (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Presiden AS Joe Biden (Foto: AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Eropa mulai pekan ini. Namun, Biden mengatakan bahwa dia mungkin tidak akan mengunjungi Ukraina.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (21/6/2022), Biden awalnya mengatakan bahwa "itu tergantung" ketika ditanya wartawan apakah dia berencana mengunjungi Ukraina.

Tapi kemudian Biden berkata "dalam perjalanan ini, tidak mungkin," saat dia berbicara kepada wartawan yang mendesaknya tentang kemungkinan lawatan ke Ukraina dalam tur Eropa-nya.

Biden termasuk di antara sejumlah pemimpin Barat yang belum mengunjungi Ukraina untuk menunjukkan dukungan bagi negara tersebut di tengah invasi Rusia yang terus berlangsung sejak 24 Februari lalu.

Pekan lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron bersama-sama dengan pemimpin Jerman dan Italia mengunjungi Ukraina. Bahkan Perdana Inggris Menteri Boris Johnson telah berkunjung ke sana dua kali.

Sebelumnya pada akhir Maret lalu, Biden pergi ke Polandia, yang berbatasan dengan Ukraina di barat.

Biden akan menuju ke Jerman pada hari Sabtu mendatang untuk menghadiri KTT G7, kemudian ke Madrid, Spanyol untuk pertemuan para pemimpin NATO.

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungan ke Ukraina akan bergantung pada "banyak hal, apakah itu menyebabkan lebih banyak kesulitan bagi Ukraina atau tidak, apakah itu mengalihkan perhatian dari apa yang sedang terjadi."

Kemudian dia mengatakan perjalanan seperti itu tidak mungkin selama tur Eropa ini.

Meski begitu Biden mengatakan dia berkomunikasi erat dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, berbicara dengannya via telepon "hampir empat kali seminggu."

Simak juga 'Jatuh Dari Sepeda, Joe Biden Buktikan Masih Bisa Melompat':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT