ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 17:11 WIB
BEIJING, CHINA - APRIL 26:  Malaysian Prime Minister Mahathir Mohamad delivers his speech for the opening ceremony of the Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF) April 26, 2019 in Beijing, China.  (Photo by How Hwee Young-Pool/Getty Images)
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad melontarkan pernyataan kontroversial dengan menyebut Malaysia seharusnya mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Seperti dilansir Straits Times, Selasa (21/6/2022), Mahathir juga menyatakan bahwa Singapura sebelumnya dikuasai oleh Johor dan wilayah Johor seharusnya menuntut agar Singapura dikembalikan kepadanya dan kepada Malaysia.

"Namun, tidak ada tuntutan apapun dari Singapura. Sebaliknya, kita menunjukkan apresiasi kita pada kepemimpinan negara baru ini yang disebut Singapura," ucap Mahathir dalam pidatonya pada Minggu (19/6) waktu setempat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (21/6/2022):

- Cukup Sudah, Lebanon Ancam Usir Pengungsi Suriah yang Begitu Banyak!

Perdana Menteri (PM) Lebanon Najib Mikati mengingatkan bahwa pemerintahnya siap untuk mengusir para pengungsi Suriah yang tinggal di negara itu, jika komunitas internasional tidak bekerja untuk memulangkan mereka.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (20/6/2022), Lebanon, yang bergulat dengan krisis ekonomi terburuknya, memiliki proporsi pengungsi tertinggi di dunia dalam populasinya. Pemerintah Lebanon memperkirakan bahwa warga Suriah mencakup hampir seperempat dari lebih dari enam juta penduduknya.

"Sebelas tahun setelah dimulainya krisis Suriah, Lebanon tidak lagi memiliki kapasitas untuk menanggung beban ini, terutama dalam keadaan saat ini," kata Mikati.

- Biden Akan Tur Eropa Tapi Tak Mungkin ke Ukraina, Kenapa?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Eropa mulai pekan ini. Namun, Biden mengatakan bahwa dia mungkin tidak akan mengunjungi Ukraina.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (21/6/2022), Biden awalnya mengatakan bahwa "itu tergantung" ketika ditanya wartawan apakah dia berencana mengunjungi Ukraina.

Tapi kemudian Biden berkata "dalam perjalanan ini, tidak mungkin," saat dia berbicara kepada wartawan yang mendesaknya tentang kemungkinan lawatan ke Ukraina dalam tur Eropa-nya.

- Lithuania Tutup Jalur Kereta Kargo, Rusia Marah Besar!

Pemerintah Rusia geram kepada Lithuania yang mengumumkan penutupan jalur kereta api kargo ke Kaliningrad yang transit di negaranya. Rusia menuntut negara anggota Uni Eropa itu segera mencabut penutupan jalur tersebut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT