ADVERTISEMENT

Banjir-Longsor Landa China, Ratusan Ribu Warga Dievakuasi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 14:18 WIB
Parts of southern China have been hit by the heaviest rain in decades - CNS/AFP
Sebagian wilayah China bagian selatan dilanda banjir dan longsor yang dipicu curah hujan terbesar dalam beberapa dekade (CNS/AFP)

Otoritas Shaoguan merilis red alert untuk banjir -- peringatan paling serius -- pada Selasa (21/6) pagi waktu setempat, usai beberapa daerah pedesaan dan kota besar Foshan menaikkan level peringatan banjir beberapa hari terakhir.

Laporan media lokal menyebut wilayah Guangxi dilanda banjir terparah sejak tahun 2005. Otoritas meteorologi menyatakan ketinggian air di 28 sungai yang ada di wilayah tersebut telah melampaui batas peringatan, dengan hujan terus mengguyur pada Selasa (21/6) waktu setempat.

Sementara otoritas Provinsi Jiangxi merilis red alert untuk banjir pada Senin (20/6) waktu setempat.

Di Fujian, menurut kantor berita Xinhua, lebih dari 220.000 orang dievakuasi sejak awal bulan ini karena banjir. Awal bulan ini, sedikitnya 21 orang tewas usai banjir yang dipicu hujan deras melanda Provinsi Hubei. Musim panas lalu, banjir menghancurkan melanda Provinsi Henan dan menewaskan sedikitnya 398 orang, serta memicu kerugian ekonomi lebih dari US$ 10 miliar.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT