ADVERTISEMENT

Korut Tiba-tiba Setop Impor Alkes COVID-19 dari China, Ada Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 16:48 WIB
Korea Utara terapkan lockdown nasional usai mengkonfirmasi kasus COVID-19 untuk pertama kalinya. Kasus subvarian Omicron BA.2 itu terdeteksi di Pyongyang.
Ilustrasi -- Penanganan virus Corona di Korea Utara (dok. AP Photo/Jon Chol Jin)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) tiba-tiba berhenti mengimpor alat-alat kesehatan (alkes) untuk mencegah dan mengendalikan virus Corona (COVID-19) dari China. Apa alasannya?

Seperti dilansir Reuters, Senin (20/6/2022), data perdagangan yang dirilis pemerintah China pekan ini mengungkapkan bahwa Korut berhenti mengimpor alkes dari Beijing pada Mei. Diketahui bahwa Korut membeli pasokan masker dan ventilator dari China beberapa bulan sebelumnya.

Laporan kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), mengklaim jumlah kasus baru 'demam' di Korut setiap harinya mengalami penurunan sejak rezim Pyongyang mengakui tengah memerangi wabah COVID-19 pada pertengahan Mei lalu.

Namun Korut sejauh ini belum mengungkapkan berapa banyak dari kasus-kasus itu yang dinyatakan positif Corona.

Menurut data yang dirilis bea cukai China pada Senin (20/6) waktu setempat, Korut tidak mengimpor masker, termometer, sarung tangan karet, ventilator atau vaksin dari China pada bulan Mei.

Data itu dibandingkan dengan impor Korut untuk lebih dari 10,6 juta masker, nyaris 95.000 termometer dan 1.000 unit ventilator non-invasif dari China pada Januari hingga April.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT