ADVERTISEMENT

Gempa M 6 Guncang Taiwan, Kereta Bawah Tanah Terhenti

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 11:20 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi (dok. iStock)
Taipei -

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6 mengguncang wilayah Taiwan bagian timur pada Senin (20/6) pagi waktu setempat. Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa kuat ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (20/6/20220, Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS melaporkan gempa bumi M 6 itu berpusat di lokasi berjarak sekitar 38 kilometer sebelah selatan kota Hualien.

USGS juga menyebut bahwa pusat gempa yang mengguncang pukul 09.05 waktu setempat itu ada di kedalaman 10 kilometer.

Rekaman video yang diunggah ke Facebook oleh taman nasional Hualien menunjukkan situasi danau yang tenang tiba-tiba airnya bergetar hebat saat gempa terjadi. "Ini merupakan gempa bumi sangat besar! ... Semoga semua orang tetap aman!" demikian bunyi keterangan postingan Facebook tersebut.

Seorang reporter AFP di Taipei melaporkan getaran yang dirasakannya. Sedangkan laporan media lokal menyebut getaran akibat gempa itu dirasakan di seluruh wilayah Taiwan.

Bahkan kereta bawah tanah Taipei Metro sempat berhenti sementara ketika gempa mengguncang, sebelum kembali melaju dengan kecepatan yang dikurang dan berhenti hanya di beberapa pemberhentian.

Lihat juga video 'Transportasi Umum di Shanghai Kembali Beroperasi di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT