ADVERTISEMENT

Ukraina Klaim Serangannya Hantam Kapal Rusia di Laut Hitam!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 17:01 WIB
The Russian Navys guided missile cruiser Moskva sails back into a harbour after tracking NATO warships in the Black Sea, in the port of Sevastopol, Crimea November 16, 2021. REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo
Ilustrasi -- Kapal perang Rusia, Moskva, yang ditenggelamkan oleh Ukraina pada April lalu (REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo)
Kiev -

Angkatan Laut Ukraina mengklaim serangannya berhasil mengenai sebuah kapal Rusia yang tengah mengangkut sistem pertahanan udara ke sebuah pulau strategis yang ada di perairan Laut Hitam. Klaim ini disampaikan saat pasukan Ukraina dan Rusia terus bertempur usai Moskow melancarkan invasinya.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (17/6/2022), Angkatan Laut Ukraina dalam pernyataannya via media sosial menyebut kapal Rusia yang terkena serangan itu bernama Vasily Bekh, yang digunakan untuk mengangkut amunisi, persenjataan dan personel militer ke Pulau Ular.

Pulau Ular yang terletak sekitar 35 kilometer dari tepi pantai Ukraina, diketahui vital dalam melindungi jalur laut dari pelabuhan Odesa yang juga penting.

Tidak disebutkan lebih lanjut oleh Angkatan Laut Ukraina, soal seberapa besar kerusakan yang disebabkan oleh serangannya.

Pulau Ular juga diketahui menjadi pembahasan pada awal invasi Rusia, ketika para penjaga perbatasan Ukraina yang bertugas di pulau itu melawan seruan tentara Rusia untuk menyerahkan diri, dengan menggunakan kata-kata penuh sumpah serapah yang kemudian menjadi seruan dalam aksi warga Ukraina.

Armada Laut Hitam Rusia yang diunggulkan dan digunakan saat merebut Pulau Ular, ditenggelamkan oleh Ukraina pada April lalu. Hal itu menjadi pencapaian besar bagi pasukan Ukraina yang kalah jumlah personel dan persenjataan, yang secara efektif memanfaatkan teknologi dan intelijen dari Amerika Serikat (AS) untuk menyerang kapal Rusia itu.

Lihat juga video 'Pabrik Makanan di Kharkiv Hancur Dihantam Rudal':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT