ADVERTISEMENT

India Kian Panas Buntut Penghinaan Nabi Muhammad

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 23:10 WIB
Jakarta -

Kontroversi pernyataan pejabat partai di India yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW terus bergulir. Alih-alih mereda, buntut polemik tersebut malah membuat suasana India kian memanas.

Dirangkum detikcom, Senin (13/6/2022), sejumlah umat Muslim turun ke jalan untuk memprotes komentar anti-Islam yang dibuat oleh dua anggota Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP), Nupur Sharma dan Naveen Kumar Jindal.

Nupur Sharma, yang merupakan juru bicara partai itu, mengeluarkan pernyataannya dalam debat yang disiarkan televisi bulan lalu. Kemudian Naveen Jindal, yang merupakan kepala media dari unit Delhi partai tersebut, mengunggah cuitan tentang hal yang sama.

Komentar-komentar mereka - terutama oleh Sharma - membuat marah komunitas minoritas Muslim di negara itu, yang menyebabkan aksi protes sporadis di beberapa negara bagian.

Partai pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi itu telah memecat Nupur Sharma dan Jindal, karena komentar kontroversialnya itu. Pernyataan itu bahkan menyebabkan tantangan diplomatik besar-besaran bagi pemerintah Modi.

India Hancurkan Rumah Tokoh Islam

Terbaru, aparat keamanan di India menghancurkan rumah sejumlah tokoh Islam yang dituduh terlibat dalam kerusuhan, yang dipicu oleh ujaran menghina Nabi Muhammad.

Para pemuka komunitas Muslim di Negara Bagian Uttar Pradesh diperintahkan untuk mengosongkan rumah sebelum tempat tinggal mereka dihancurkan.

Hingga kini, setidaknya pihak berwenang telah menahan 300 orang yang dituding terlibat dalam kericuhan selama demonstrasi di Uttar Pradesh, pada Jumat (10/06).

Adapun, perdana Menteri Narendra Modi sejauh ini belum memberikan pernyataan tentang insiden pembongkaran rumah dan penangkapan orang-orang yang diduga terlibat dalam kericuhan tersebut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT