Pemimpin Separatis Pro-Rusia ke Tentara Ukraina: Menyerah atau Mati!

ADVERTISEMENT

Pemimpin Separatis Pro-Rusia ke Tentara Ukraina: Menyerah atau Mati!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 17:04 WIB
Ukrainian service members fire a shell from a M777 Howitzer near a frontline, as Russias attack on Ukraine continues, in Donetsk Region, Ukraine June 6, 2022. REUTERS/Stringer
Tentara Ukraina menembakkan artileri howitzer dalam pertempuran melawan pasukan Rusia di Donetsk (dok. REUTERS/Stringer)
Kiev -

Pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dengan Rusia di kota Sievierodonetsk terus berlanjut. Pemimpin separatis pro-Rusia di wilayah Ukraina bagian timur memperingatkan tentara-tentara Kiev yang masih bertahan di Sievierodonetsk untuk menyerahkan diri atau menghadapi kematian.

"Mereka memiliki dua pilihan: mengikuti contoh rekan-rekan mereka dan menyerahkan diri, atau mati," tegas wakil pemimpin Departemen Milisi pada Republik Rakyat Donetsk (DNR) di wilayah Donbas, Ukraina bagian timur, Eduard Basurin, kepada kantor berita RIA Novosti dan dilansir CNN, Senin (13/6/2022).

"Mereka tidak memiliki pilihan lainnya," imbuhnya.

Pasukan Rusia sekarang dilaporkan menguasai sebagian besar wilayah kota Sievierodonetsk, yang kini menjadi pusat pertempuran sengit di Donbas. Namun jalur warga Ukraina ke kota itu tampaknya belum terputus sepenuhnya.

Gubernur Provinsi Luhansk Serhiy Gaidai menyatakan bahwa Ukraina masih berhasil mengevakuasi sejumlah orang dari kota Sievierodonetsk, namun dibatasi oleh skala pengeboman yang terjadi.

Sievierodonetsk menjadi kota terbesar yang masih dikuasai Ukraina di wilayah Luhansk, Donbas. Kota ini harus bisa direbut jika Rusia ingin mencapai tujuannya menguasai seluruh wilayah Donbas di Ukraina bagian timur.

Simak Video: Ratusan Tentara Ukraina yang Tewas di Pabrik Baja Azov Belum Dievakuasi

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT