Rusia Ledakkan Jembatan di Sievierodonetsk, Putus Rute Evakuasi Sipil

ADVERTISEMENT

Rusia Ledakkan Jembatan di Sievierodonetsk, Putus Rute Evakuasi Sipil

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 09:17 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-100. Alih-alih mendambakan perdamaian, Ukraina justru mengalami kehancuran yang kian parah.
Ilustrasi -- Dampak kehancuran di wilayah Ukraina akibat invasi Rusia (dok. AP Photo)
Kiev -

Pasukan Rusia dilaporkan meledakkan sebuah jembatan yang menghubungkan kota Sievierodonetsk di Ukraina, dengan sebuah kota lainnya yang terpisahkan sungai. Hal ini berarti memutus kemungkinan rute evakuasi untuk warga sipil setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (13/6/2022), kota Sievierodonetsk yang terletak di Provinsi Luhansk menjadi pusat pertempuran sengit selama beberapa waktu terakhir, dengan pasukan Moskow harus bisa menguasainya untuk mencapai target menguasai seluruh wilayah Donbas, Ukraina bagian timur.

Sebagian kota tersebut hancur akibat pertempuran sengit antara pasukan Kiev dan Moskow sejak invasi dilancarkan 24 Februari lalu.

"Tujuan taktis utama dari penjajah tidak berubah: mereka menekan di Sievierodonetsk, pertempuran sengit terus berlangsung di sana -- secara harfiah di setiap meter," sebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pernyataan video terbarunya.

Dia menambahkan bahwa militer Rusia berupaya mengerahkan pasukan cadangan ke Donbas.

Gubernur Provinsi Luhansk Serhiy Gaidai mengungkapkan bahwa pasukan Ukraina dan Rusia terus bertempur di jalanan pada Minggu (12/6) waktu setempat.

Disebutkan bahwa pasukan Rusia telah menguasai sebagian besar wilayah kota tersebut, namun pasukan Ukraina masih menguasai kawasan industri dan pabrik kimia Azot di mana ratusan warga sipil berlindung.

Lihat juga video 'Rusia Hancurkan Lapangan Udara Militer Ukraina di Dnipro':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT