ADVERTISEMENT

Kim Jong Un Angkat Perunding Nuklir Jadi Menlu Wanita Pertama

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 14:47 WIB
North Korean diplomat Choe Son Hui accompanied Kim Jong Un to a summit with the US in Hanoi, Vietnam on March 1, 2019. (Luong Thai Linh/Pool/Reuters/File)
Choe Son Hui saat mendampingi Kim Jong-Un dalam pertemuan puncak di Hanoi, Vietnam tahun 2019 lalu (Luong Thai Linh/Pool/Reuters/File)
Pyongyang -

Seorang perunding nuklir top Korea Utara (Korut) diangkat menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) wanita pertama di negara tersebut.

Seperti dilansir CNN, Senin (13/6/2022), Choe Son Hui yang merupakan diplomat karier Korut ditunjuk menjadi Menlu dalam rapat pleno Komisi Pusat Partai Buruh Korut yang digelar 8-10 Juni lalu dan diawasi langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-Un.

Penunjukan itu dilaporkan oleh kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu (11/6) waktu setempat, di tengah rentetan peringatan dari Amerika Serikat (AS) bahwa Pyongyang sedang mempersiapkan uji coba nuklir terbaru.

Laporan KCNA soal rapat pleno itu tidak menyebut soal kemampuan nuklir dan uji coba rudal Korut, maupun AS dan Korea Selatan (Korsel).

Namun, dilaporkan KCNA bahwa Kim Jong-Un dalam rapat itu menegaskan kembali prinsip 'kekuatan untuk kekuatan' yang 'tidak akan menyerah satu inci pun' dalam mempertahankan kedaulatan nasional.

KCNA juga menyebut bahwa Kim Jong-Un memberikan tugas militer untuk pasukan Korut dan departemen penelitian pertahanan.

Sosok Choe, menurut data Kementerian Unifikasi Korsel, merupakan anak perempuan dari mantan Perdana Menteri (PM) Korut Choe Yong Rim. Dia lahir di Pyongyang tahun 1964 silam.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT