ADVERTISEMENT

Korut Tembakkan Rentetan Artileri, Korsel Gelar Rapat

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 10:51 WIB
People watch a TV screen showing a news program reporting about North Koreas firing of projectiles with a file image at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Monday, March 2, 2020. North Korea fired two unidentified projectiles into its eastern sea on Monday as it begins to resume weapons demonstrations after a months-long hiatus that could have been forced by the coronavirus crisis in Asia. The Korean letters read:
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Seoul -

Korea Utara (Korut) dilaporkan melepaskan rentetan tembakan artileri pada akhir pekan. Kantor keamanan nasional pada kepresidenan Korea Selatan (Korsel) pun langsung menggelar rapat untuk membahas aktivitas terbaru negara tetangganya itu.

Seperti dilansir AFP, Senin (13/6/2022), Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) dalam pernyataan pada Minggu (12/6) melaporkan bahwa militer Korsel mendeteksi 'beberapa lintasan udara' yang dipahami sebagai tembakan artileri Korut.

Disebutkan JCS bahwa dugaan tembakan artileri itu dilepaskan pada Minggu (12/6) pagi, antara pukul 08.07 waktu setempat hingga pukul 11.03 waktu setempat.

JCS dalam pernyataannya juga menekankan bahwa Seoul mempertahankan kesiapan militer yang teguh dalam berkolaborasi dengan sekutunya, Amerika Serikat (AS).

Tembakan artileri itu dilepaskan beberapa hari setelah pemimpin Korut Kim Jong-Un bersumpah menggunakan 'kekuatan untuk kekuatan' untuk mempertahankan kedaulatan negaranya.

Kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency -- yang biasanya melaporkan uji coba senjata yang berhasil 24 jam setelah kejadian -- belum merilis informasi apapun soal aktivitas pada Minggu (12/6) waktu setempat. KCNA juga tidak melaporkan peluncuran rudal Korut baru-baru ini.

Kantor keamanan nasional pada kepresidenan Korsel langsung menggelar rapat untuk membahas aktivitas balistik terbaru Korut itu pada Minggu (12/6) malam waktu setempat. Ditekankan juga bahwa Seoul 'menanggapi dengan tenang dan tegas' aksi provokasi Pyongyang.

Simak juga video 'Korsel dan Korut Saling Balas Uji Coba Rudal, Persiapan Perang?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT