ADVERTISEMENT

Kim Jong Un Kirim Pesan ke Putin: Dukung Penuh Invasi ke Ukraina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 12:20 WIB
In this photo provided by the North Korean government, North Korean leader Kim Jong Un speaks during a parliament meeting in Pyongyang, North Korea Wednesday, Sept. 29, 2021. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pemimpin Korut Kim Jong Un (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyampaikan dukungan penuh untuk Presiden Rusia Vladimir Putin, meskipun ada kecaman internasional atas invasi Moskow ke Ukraina.

"Warga Rusia telah mencapai keberhasilan besar dalam mencapai tujuan yang adil untuk membela martabat dan keamanan negara mereka ... sambil menghadapi segala macam tantangan dan kesulitan," tulis Kim dalam sebuah pesan untuk Putin seperti dikutip kantor berita resmi Korut, KCNA dan diberitakan kantor berita Korea Selatan, Yonhap dan media Malaysia, The Star, Senin (13/6/2022).

"Rakyat Korea memberikan dukungan dan dorongan penuh kepada mereka," imbuh Kim dalam pesannya yang disampaikan bertepatan dengan Hari Rusia.

Pernyataan Kim Jong Un yang menyebut serangan terhadap Ukraina sebagai "tujuan yang adil" untuk membela keamanan Rusia adalah tanda terbaru yang menggambarkan hubungan bilateral dekat yang telah berlangsung selama beberapa dekade antara kedua negara tersebut.

Pyongyang baru-baru ini menekankan hubungan dekatnya dengan Moskow, meskipun ada kritik dari komunitas internasional atas operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

Kim juga menyatakan keyakinannya bahwa hubungan persahabatan akan terus menguat di semua bidang dan dalam "perjalanan untuk membela keadilan internasional dan memastikan keamanan global."

Sebelumnya pada tahun 2019, Kim mengadakan pertemuan puncak pertamanya dengan Putin di kota Vladivostok di wilayah timur jauh Rusia.

Simak video 'Detik-detik Rusia Hancurkan Gudang Logistik Persenjataan AS dan Barat di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT