ADVERTISEMENT

Dalih Politikus India Nupur Sharma soal Ucapan Hina Nabi Muhammad

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 10:33 WIB
This picture taken on September 6, 2008, shows the then student leader Nupur Sharma (C) celebrating her win in students election in New Delhi. - Comments by Bharatiya Janata Party spokeswoman Nupur Sharma last week on May 26, 2022, describing the prophet Mohammeds relationship with his youngest wife have sparked furore among Muslims. (Photo by AFP)
Politikus India, Nupur Sharma, dalam foto tahun 2008 saat dia masih menjadi pemimpin mahasiswa (dok. AFP)
New Delhi -

Nupur Sharma, mantan juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India, menjadi pembahasan global setelah ucapannya dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Selain mencabut pernyataannya, Sharma sempat sedikit berdalih soal komentar kontroversialnya itu.

Seperti dilansir Hindustan Times, Kamis (9/6/2022), Sharma dalam pernyataan via Twitter pada 5 Juni lalu mengakui komentar kontroversialnya itu dilontarkan dalam kemarahan saat terlibat perdebatan.

Diketahui, komentar Sharma yang menuai kontroversi itu disampaikan saat menghadiri sebuah acara debat di televisi setempat yang membahas soal Masjid Gyanvapi di Varanasi.

"Saya telah terlibat dalam perdebatan di televisi selama beberapa hari terakhir, di mana Dewa Shiwa 'Aaradhya' saya dihina. Dikatakan di depan saya bahwa itu bukan Shivling tapi sebuah air mancur yang bisa ditemukan di setiap jalan setapak di Delhi dan orang-orang harus mendatanginya dan menyembahnya," tulis Sharma dalam pernyataan berbahasa Hindi via Twitter pada 5 Juni lalu.

"Saya tidak bisa mentolerir penghinaan berulang kali yang dilakukan terhadap Dewa Shiwa dan saya mengatakan beberapa hal dengan kemarahan. Saya mencabut kata-kata saya jika itu telah melukai sentimen agama siapapun," tegasnya.

Penjelasan Sharma itu merujuk pada konteks klaim gugatan umat Hindu bahwa Shivling ditemukan di dalam kompleks Gyanvapi saat survei yang diperintahkan pengadilan digelar bulan lalu. Shivling merupakan sebutan untuk arca atau patung Dewa Shiwa.

Diketahui, laporan BBC menyebut jika komentar kontroversial Sharma soal Nabi Muhammad SAW, yang tidak pernah diungkapkan secara detail itu, dilontarkan dalam perdebatan kasus Masjid Gyanvapi tersebut.

Simak Video 'Gelombang Aksi Unjuk Rasa Merebak Buntut Politisi India Hina Nabi Muhammad':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT