Kian Panjang Daftar Jenderal Rusia Meregang Nyawa di Ukraina

ADVERTISEMENT

Kian Panjang Daftar Jenderal Rusia Meregang Nyawa di Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 20:08 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-100. Alih-alih mendambakan perdamaian, Ukraina justru mengalami kehancuran yang kian parah.
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Media pemerintah Rusia mengonfirmasi kematian salah satu jenderal penting pada pertempuran sengit di kawasan Donbas, bagian timur Ukraina. Hal ini membuat semakin panjang daftar Jenderal Rusia yang meregang nyawa di Ukraina.

Salah satu jenderal penting dalam jajaran militer Rusia yang tewas yaitu Mayor Jenderal Roman Kutuzov. Mayor Jenderal Roman Kutuzov tewas saat memimpin serangan ke sebuah permukiman Ukraina di kawasan Donbas, sebut laporan Alexander Sladkov, reporter stasiun televisi Rossiya 1.

Sladkov mengatakan Mayjen Kutuzov mengomandani pasukan dari Republik Rakyat Donetsk, wilayah yang proklamasi kemerdekaannya diakui Rusia.

"Sang jenderal memimpin para serdadu dalam serangan, seperti tidak ada kolonel saja," tulis Sladkov pada aplikasi Telegram. "Di sisi lain, Roman adalah komandan seperti yang lain, meskipun pangkatnya lebih tinggi," tambah Sladkov.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari laporan tersebut.

Sementara itu, Militer Ukraina mengonfirmasi kematian Mayjen Kutuzov. Namun pihak militer Ukraina tidak menyebutkan rincian mengenai kematiannya.

Nasib Mayjen Kutuzov mengemuka seiring munculnya rumor di media sosial bahwa Letnan Jenderal Roman Berdnikov, komandan Korps ke-29 Angkatan Darat, tewas dalam pertempuran pada akhir pekan lalu. BBC belum dapat memverifikasi secara independen klaim tersebut.

Kematian jenderal jarang diakui secara resmi di Rusia. Dalam kasus Mayjen Vladimir Frolov, tidak ada informasi mengenai kematiannya di media pemerintah sebelum pemakamannya di St Petersburg pada April.

Rusia menggolongkan kematian personel militer sebagai rahasia negara bahkan pada masa damai sehingga Moskow belum kunjung memutakhirkan angka kematian resmi di Ukraina sejak 25 Maret.

Simak Video: Zelenskiy Klaim Lebih dari 31.000 Tentara Rusia Tewas di Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT