ADVERTISEMENT

Sultan Brunei Rombak Kabinet, Tunjuk Menteri Wanita untuk Pertama Kali

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 12:34 WIB
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah (dok. REUTERS/David Gray)
Bandar Seri Begawan -

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah mengumumkan perombakan kabinet pemerintahannya pekan ini. Di antara menteri-menteri baru yang diumumkan, terdapat satu menteri wanita yang ditunjuk untuk pertama kalinya dalam sejarah pemerintahan Brunei.

Seperti dilaporkan Xinhua dan dilansir The Star, Rabu (8/6/2022), perombakan atau reshuffle kabinet yang tergolong awal ini diumumkan Sultan Bolkiah pada Selasa (7/6) sore dalam pidato khusus yang disiarkan secara nasional di negara tersebut.

Efektif berlaku mulai Selasa (7/6) waktu setempat, jajaran menteri baru dalam kabinet pemerintahan Brunei itu akan menjabat untuk periode empat tahun ke depan.

Beberapa menteri senior, seperti Menteri Dalam Negeri Haji Awang Abu Bakar, Menteri Sumber Daya Primer dan Pariwisata Haji Ali, dan Menteri Pembangunan Haji Suhaimi, diganti.

Sultan Bolkiah sendiri mempertahankan jabatan teratas sebagai Perdana Menteri (PM) Brunei, yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Keuangan dan Perekonomian.

Dalam perombakan ini, Sultan Bolkiah untuk pertama kalinya menunjuk seorang wanita sebagai salah satu menteri dalam kabinetnya. Dr Hajah Romaizah Haji Mohd Salleh ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan yang baru, menggantikan Awang Haji Hamzah Haji Sulaiman.

Ini menjadi momen pertama dalam sejarah saat pemerintahan Brunei memiliki menteri wanita.

Simak juga '10 Negara dengan Kecepatan Internet Tertinggi di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT