ADVERTISEMENT

Pengadilan India Vonis Mati Pria Pengebom Kota Suci Hindu

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 16:52 WIB
Ilustrasi sidang (Reuters)
Ilustrasi (dok. Reuters)
New Delhi -

Pengadilan India menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang pria yang mendalangi ledakan bom mematikan yang mengguncang kota suci Hindu, Varanasi. Persidangan kasus ini memakan waktu hingga 16 tahun sebelum mencapai putusan pada pekan ini.

Seperti dilansir AFP, Selasa (7/6/2022), pria bernama Wasiullah Khan divonis mati setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan pembunuhan dan terorisme terkait serangan bom tahun 2006 lalu, yang menargetkan sebuah kuil kuno yang dipenuhi peziarah dan sebuah stasiun kereta api di dekatnya.

Sedikitnya 20 orang tewas akibat ledakan bom itu, dengan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Sejumlah bom lainnya yang tidak meledak juga ditemukan dan dijinakkan oleh polisi setempat. Salah satu bom tidak meledak itu ditemukan di Dashashwamedh Ghat yang ramai. Dashashwamedh Ghat merupakan tempat sembahyang ternama di tepi sungai di mana sejumlah besar umat Hindu berkumpul setiap malam.

"Terdakwa telah dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan dihukum denda 50.000 Rupee. Dia akan dihukum gantung hingga tewas," ucap hakim kasus tersebut dalam perintah pengadilan yang dirilis pada Senin (6/6) malam.

Khan ditangkap hanya beberapa pekan usai ledakan terjadi, namun persidangan kasusnya tertunda setelah pengacara-pengacara di Varanasi menolak untuk mendampinginya dalam persidangan. Kondisi ini mendorong Pengadilan Tinggi Allahabad untuk mentransfer kasus tersebut ke kota Ghaziabad.

Hukuman mati yang dijatuhkan itu masih perlu disetujui oleh Pengadilan Tinggi Allahabad sebelum dikonfirmasi.

Diketahui bahwa nyaris 500 narapidana kini tengah menunggu eksekusi mati di India. Hukuman mati untuk kasus pembunuhan dan terorisme cukup sering dijatuhkan di India, namun eksekusi jarang dilakukan.

India hanya mengeksekusi mati empat narapidana laki-laki dalam tujuh tahun terakhir, yang semuanya dihukum karena pemerkosaan bergiliran dan pembunuhan seorang wanita di dalam bus yang melaju di ibu kota New Delhi tahun 2012 lalu, yang memicu aksi protes besar-besaran di negara tersebut.

Simak video 'Hina Nabi Muhammad, Muslim India Tuntut Jubir Partai BJP Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT