ADVERTISEMENT

'Tarung Jalanan' di Severodonetsk Saat Ledakan Terjadi di Kyiv Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 12:35 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-100. Alih-alih mendambakan perdamaian, Ukraina justru mengalami kehancuran yang kian parah.
Ilustrasi situasi di Ukraina (Foto: AP Photo)
Kyiv -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut bagian timur kota Severodonetsk tengah diselimuti pertarungan dari jalan ke jalan. Di sisi lain sejumlah ledakan terjadi di ibu kota Kyiv.

"Sejumlah ledakan terjadi di distrik Darnytsky dan Dniprovsky. Layanan publik di keduanya kini dipadamkan," ucap Wali Kota Vitali Klitschko melalui Telegram setelah peringatan serangan udara dibunyikan di Kyiv dan sejumlah kota lainnya seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (5/6/2022).

"Sejauh ini belum ada laporan korban tewas akibat serangan misil tapi ada seorang terluka yang telah dilarikan ke rumah sakit," imbuhnya.

Secara terpisah dikabarkan setidaknya 11 warga sipil terbunuh di Lugansk di mana kota Severodonetsk berada atau di dekat Donetsk. Di sisi lain Zelensky mengabarkan bila situasi semakin sulit di Severodonetsk.

"Situasi di Severodonetsk di mana pertarungan jalanan terus berlanjut membuat keadaan semakin sulit," ucap Zelensky.

Severodonetsk merupakan salah satu kota terbesar yang masih berada dalam kuasa Ukraina. Di sisi lain pasukan Rusia masih berupaya merangsek ke wilayah itu dalam beberapa minggu terakhir.

Sebelumnya artileri Rusia menghantam wilayah Donbas di Ukraina bagian timur, dengan pertempuran sengit terus berlanjut di kota Severodonetsk. Namun gubernur setempat justru mengklaim ada sejumlah kemajuan dalam upaya Kiev memukul mundur pasukan Moskow.

Tonton juga Video: Jumlah Tentara Bayaran yang Dikirim ke Ukraina Menurun Drastis

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT