ADVERTISEMENT

Polisi Swiss Ungkap Sulitnya Pencarian Eril yang Hilang di Sungai Aare

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 11:57 WIB
Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Hingga kini, Emmeril atau yang disapa Eril belum juga ditemukan.
Foto: Instagram @emmerilkahn
Jakarta -

Tim SAR dan kepolisian Swiss terus melakukan pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss.

Dilansir media lokal Swiss 20min, Jumat (27/5), polisi melakukan pencarian di daerah antara Eichholz dan Marzili. Tempat itu disebut sebagai lokasi terakhir Eril terlihat.

Pencarian dilakukan dengan berjalan kaki di tepi Sungai Aare. Pos pengamatan didirikan di berbagai jembatan untuk memantau proses pencarian. Polisi maritim dan medis pun menyusuri sungai untuk mencari Eril.

Pencarian Eril dikabarkan mengalami kesulitan. Salah satunya karena Sungai Aare yang sedang keruh.

Media lokal Swiss 20min melaporkan, juru bicara kepolisian setempat mengatakan pencarian anak Ridwan Kamil tidak mudah karena air sungai yang keruh dan kondisi arus sungai yang deras.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, mengatakan Sungai Aare biasa dipakai berenang untuk umum.

"(Sungai Aare) tempat berenang ya, terutama pada musim panas banyak sekali yang berenang. Memang tempat bagus, jadi semacam tempat anak-anak dan orang-orang dewasa juga berenang di sana," kata Muliaman, Jumat (27/5/2022).

Di hari yang sama pada saat Eril hilang terbawa arus sungai, Kamis (26/5) waktu setempat, juga banyak orang yang berenang di sana.

Lihat Video: Sederet Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang

[Gambas:Video 20detik]



Elpi Nazmuzaman dari perwakilan keluarga mengurai kronologis dari musibah tersebut, ketika itu Eril berenang di Sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Namun, saat hendak naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras.

"Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," ujar Elpi dalam keterangan resmi yang diterima detikJabar, Jumat (27/5/2022). Elpi mengatakan, saat musibah terjadi, kondisi cuaca cerah.

Setelah mendengar kabar itu, ujar Elpi, Ridwan Kamil segera bertolak ke Swiss. Seperti diketahui, saat itu, Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jabar.

"Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana," ujarnya.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT