Penembakan di Texas Tewaskan 21 Orang di Sekolah, Ini Fakta-faktanya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 11:04 WIB
Penembakan di Texas mengguncang Amerika Serikat. Peristiwa tersebut menewaskan sejumlah murid sekolah dasar dan beberapa orang dewasa.
Penembakan di Texas Tewaskan Anak-anak, Cek Fakta-faktanya di Sini (Foto: REUTERS/MARCO BELLO)
Jakarta -

Penembakan di Texas mengguncang Amerika Serikat. Peristiwa tersebut menewaskan sejumlah murid sekolah dasar dan beberapa orang dewasa.

Kejadian penembakan di Amerika Serikat bukan kali pertama yang terjadi. Hal ini tentu saja menimbulkan keresahan masyarakat di sana. Berikut ini fakta-fakta penembakan di Texas.

Penembakan di Texas: Serang Sekolah Dasar

Penembakan di sekolah Amerika terjadi pada hari Selasa, (24/5/2022) di Sekolah Dasar Robb, Uvalde, Texas. Melansir dari AFP, sekolah itu berisi lebih dari 500 siswa, sebagian Hispanik, dan siswa yang kurang beruntung secara ekonomi dari kelas dua hingga kelas empat.

Melalui situs website SD Robb, pihak sekolah meminta orang tua untuk tidak menjemput anak-anak mereka sampai semuanya dihitung.

"Tolong jangan jemput siswa saat ini. Siswa perlu dipertanggungjawabkan sebelum mereka dilepaskan ke perawatan Anda. Anda akan diberitahu untuk menjemput siswa setelah semuanya dipertanggungjawabkan," demikian keterangan yang dikutip detikcom, Rabu, (25/5/2022).


Pelaku Penembakan Texas: Remaja Pria Usia 18 Tahun

Seorang remaja pria berusia 18 tahun diketahui menjadi pelaku penembakan di Texas. Nama remaja tersebut adalah Salvador Ramos. Dia adalah penduduk setempat yang juga berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

Kronologi Penembakan di Texas

Penembakan itu terjadi di Robb Elementary School kawasan Uvalde, Texas, dekat perbatasan Meksiko. Mengutip dari BBC, Kepala Polisi Distrik Uvalde, Pete Arredondo, mengatakan penembakan dimulai pada 11.32 waktu setempat.

Gubernur Texas, Greg Abbot, menyatakan pelaku menembak neneknya terlebih dahulu. Setelah itu, pelaku menuju ke Robb Elementary School pada siang hari.

Sesampainya di lokasi, dia meninggalkan kendaraannya begitu saja. Pelaku memegang pistol di tangannya dan kemungkinan juga ada senapan. Kemudian, ia melakukan aksi penembakan di sekolah tersebut.

Penembakan di Texas Tewaskan 21 Orang

Akibat penembakan tersebut, banyak korban yang berjatuhan. Sejumlah 21 orang dinyatakan tewas dengan mereka di antaranya:

  • 18 anak-anak
  • 3 orang dewasa.

Di samping korban yang tewas, seorang perempuan berusia 66 tahun dan seorang gadis berusia 10 tahun dirawat di sebuah rumah sakit di San Antonio, dan keduanya dalam kondisi kritis. Selain itu, Rumah Sakit Uvalde Memorial membuat unggahan di Facebook yang menyatakan bahwa 13 anak telah dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans atau bus.

Setelah peristiwa tersebut, Salvador Ramos sebagai pelaku penembakan di Texas tewas. Ia diduga ditembak mati oleh aparat setempat.

Tonton Video: Kemarahan Taylor Swift-Becky Atas Insiden Penembakan di Texas

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)