Zelensky Ingin Bertemu Langsung dengan Putin untuk Akhiri Perang

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 14:52 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, on Monday, March 21, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan hanya Presiden Rusia Vladimir Putin yang ingin ditemuinya secara langsung untuk membahas upaya-upaya mengakhiri perang. Zelensky menegaskan bahwa dirinya tidak akan bertemu dengan pejabat Rusia lainnya, selain Putin.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/5/2022), penegasan itu disampaikan Zelensky dalam pernyataan via tautan video kepada Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.

Disebutkan Zelensky bahwa mengatur pembicaraan dengan Rusia menjadi semakin sulit, setelah apa yang dia sebut sebagai bukti tindakan Rusia terhadap warga sipil selama invasi ke Ukraina.

Rusia membantah telah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya sebagai 'operasi khusus' untuk melucuti kemampuan militer Ukraina.

"Presiden Federasi Rusia yang memutuskan semuanya," ucap Zelensky melalui penerjemah kepada forum WEF di Davos.

"Jika kita bicara soal mengakhiri perang ini tanpa dia secara pribadi, keputusan itu tidak bisa diambil," sebutnya.

Zelensky menyebut temuan pembunuhan massal di area-area yang diduduki Rusia pada awal-awal invasi, khususnya di luar Kiev, telah membuat upaya mengatur pembicaraan menjadi lebih sulit.

Lihat Video: Tentara Rusia Divonis Penjara Seumur Hidup di Sidang Kejahatan Perang

[Gambas:Video 20detik]