Rusia Tegaskan Siap Lanjutkan Dialog dengan Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 10:33 WIB
Russian presidential advisor Vladimir Medinsky, who heads the delegation of Russia at the talks with Ukraine, speaks to the media outside the talks venue in Belarus Gomel region on February 28, 2022, following the Russian invasion of Ukraine. - Belarus OUT (Photo by Sergei KHOLODILIN / BELTA / AFP) / Belarus OUT (Photo by SERGEI KHOLODILIN/BELTA/AFP via Getty Images)
Penasihat Kremlin, Vladimir Medinsky, yang memimpin delegasi Rusia dalam perundingan dengan Ukraina (dok. BELTA/AFP via Getty Images/SERGEI KHOLODILIN)
Moskow -

Perunding utama Rusia dalam perundingan damai dengan Ukraina menegaskan pihaknya bersedia untuk melanjutkan dialog. Namun disebutkan juga bahwa inisiatif untuk melanjutkan dialog kini ada di pihak Ukraina.

"Untuk bagian kami, kami siap melanjutkan dialog," tegas penasihat Kremlin Vladimir Medinsky yang juga perunding utama Rusia dalam wawancara dengan TV Belarusia, seperti dilansir AFP, Senin (23/5/2022).

"Pembekuan perundingan sepenuhnya inisiatif Ukraina," sebut Medinsky, sembari menambahkan bahwa 'bola sepenuhnya ada di tangan mereka (Ukraina-red)'.

Ditegaskan juga oleh Medinsky bahwa: "Rusia tidak pernah menolak perundingan."

Perundingan damai antara perunding Rusia dan Ukraina digelar secara rutin baik secara langsung maupun via tautan video sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari lalu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) dari kedua negara telah bertemu untuk pembicaraan yang tidak menghasilkan apapun di Turki pada Maret lalu. Pembicaraan itu disusul dengan pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul yang juga gagal mencapai hasil konkret.

Pada Selasa (17/5) pekan lalu, kepala perunding Ukraina Mykhaylo Podolyak mengungkapkan bahwa perundingan damai dengan Rusia 'terhenti' setelah sempat berlangsung pada awal-awal invasi, namun tanpa hasil yang substansial.

Simak juga video 'Zelenskiy Yakin Perang Dapat Diakhiri, Tapi Tidak Akan Mudah':

[Gambas:Video 20detik]