Zelensky Peringatkan Rusia: Perang Hanya Akan Berakhir Lewat Diplomasi!

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 18:21 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, on Monday, March 21, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melontarkan peringatan terbaru untuk Rusia yang terus menginvasi negaranya. Ditegaskan Zelensky bahwa perang yang kini berlangsung di Ukraina hanya bisa diselesaikan melalui 'diplomasi'.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (21/5/2022), peringatan dari Zelensky itu dilontarkan dalam wawancara dengan televisi lokal Ukraina di tengah kebuntuan dalam perundingan damai antara Kiev dan Moskow.

"Akhir dari ini akan melalui diplomasi," cetus Zelensky.

"(Perang) Akan berdarah-darah, akan ada pertempuran, tapi hanya akan berakhir secara definitif melalui diplomasi," tegasnya.

"Diskusi antara Ukraina dan Rusia pasti akan berlangsung. Dalam format apa, saya tidak tahu -- dengan perantara, tanpa mereka, dalam kelompok yang lebih luas, pada level presiden," sebut Zelensky dalam pernyataannya.

"Ada hal-hal yang hanya bisa dicapai di meja perundingan," ujarnya, sembari menyatakan bahwa Ukraina 'ingin semuanya kembali (seperti sebelumnya)' tapi 'Rusia tidak menginginkan itu'.

Lebih lanjut, Zelensky juga menekankan bahwa hasil perundingan nanti haruslah 'adil' untuk Ukraina.

Lihat Video: Detik-detik Rudal Rusia Hantam Gedung Budaya di Kharkiv, 7 Tewas

[Gambas:Video 20detik]