ADVERTISEMENT

Zelensky Ingin Rusia Bayar Ganti Rugi Atas Kehancuran di Ukraina!

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 13:10 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelensky/Facebook
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Ukrainian President Volodymyr Zelensky/Facebook via CNN)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertekad menuntut Rusia agar bertanggung jawab secara finansial atas kerusakan dan kehancuran yang dipicu pasukan militernya di wilayah Ukraina selama beberapa bulan terakhir.

Zelensky, pada Jumat (20/5) waktu setempat, mengusulkan kesepakatan resmi dengan sekutu-sekutu Ukraina untuk mengamankan kompensasi Rusia atas kerusakan yang disebabkan pasukan Moskow selama perang berlangsung.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Sabtu (21/5/2022), Zelensky dalam pernyataan via video pada Jumat (20/5) waktu setempat menilai kesepakatan semacam itu akan menjadi peringatan bagi negara-negara yang merencanakan aksi agresif bahwa mereka harus membayar atas tindakan mereka.

Zelensky juga menuduh Rusia berupaya menghancurkan sebanyak mungkin infrastruktur di Ukraina dalam invasi yang dilancarkan sejak 24 Februari lalu. Dia menekankan bahwa militer Rusia menembakkan sebuah rudal ke wilayah Kharkiv pada Jumat (20/5), yang menghancurkan sebuah pusat budaya di Lozova.

Ditambahkan Zelensky bahwa Rusia juga menyerang berbagai kota seperti Odesa di bagian selatan, Poltava di bagian timur dan Zhytomyr di bagian barat. Di Donbas bagian timur di mana serangan terdahsyat Rusia terjadi, Zelensky menyebut pasukan Moskow mengubah kota Rubizhne dan Volnovakha menjadi puing-puing. Hal yang sama, menurut Zelensky, dilakukan pasukan Rusia terhadap kota Mariupol dan akan dilakukan terhadap kota Severodonetsk.

Ditegaskan Zelensky bahwa Rusia harus membayar untuk setiap rumah, sekolah, rumah sakit dan tempat bisnis yang dihancurkan pasukannya.

"Kami mengundang negara-negara mitra untuk menandatangani perjanjian multilateral dan membentuk mekanisme yang memastikan bahwa setiap orang yang menderita akibat tindakan Rusia bisa menerima kompensasi untuk semua kerugian yang terjadi," cetus Zelensky dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT