Pembalasan Dendam Rusia ke Portugal Lewat Usir Diplomat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 20:01 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Ilustrasi Rusia (Foto: Dok. Anadolu Agency)
Moskow -

Rusia membalas dendam kepada Portugal. Pembalasan dendam itu dilakukan Rusia dengan mengusir diplomat Portugal.

Dilansir AFP, Jumat (20/5/2022), Rusia mengumumkan pengusiran lima diplomat Portugal dari Moskow pekan ini. Pengusiran ini merupakan balasan atas pengusiran para diplomat Rusia dari Portugal beberapa waktu lalu.

Pengusiran diplomat Rusia dari Portugal itu merupakan bagian dari aksi bersama Eropa terkait invasi Rusia ke Ukraina. Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan pihaknya telah memanggil Duta Besar Portugal di Moskow, Madalena Fischer, untuk menyampaikan 'protes keras' terhadap keputusan mengusir 10 pegawai misi asing Rusia di Portugal.

"Ditekankan bahwa langkah tidak bersahabat ini akan berdampak negatif terhadap hubungan Rusia-Portugal," ujar Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya.

Kemlu Rusia kemudian balas dendam dengan menyatakan lima pegawai Kedutaan Besar Portugal di Moskow 'telah dinyatakan persona non grata' pada Kamis (19/5) waktu setempat. Para diplomat itu diminta meninggalkan wilayah Rusia dalam waktu 14 hari.

Protes Keras Portugal

Otoritas Portugal melontarkan protes secara terbuka. Portugal menyebut pembalasan itu tak bisa dibenarkan.

"Pemerintah Portugal memprotes keputusan otoritas Rusia ini, yang tidak memiliki pembenaran selain pembalasan sederhana," ujar Kementerian Luar Negeri Portugal dalam tanggapannya.

Portugal menyebut para diplomatnya di Moskow tidak seperti para diplomat Rusia yang diusir dari Portugal. Para diplomat yang diusir dari Moskow ini, menurut Portugal, 'melakukan kegiatan diplomatik secara ketat sesuai dengan Konvensi Wina'.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.