Rusia Akan Bangun Pangkalan Militer Baru Tanggapi Ekspansi NATO

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 17:47 WIB
Russias Defence Minister Sergei Shoigu (2nd R), Russias Foreign Minister Sergei Lavrov (R), Brazils Foreign Minister Carlos Franca (L) and Defence Minister Walter Souza Braga Netto (2nd L) enter a hall before their talks in Moscow, Russia, on February 16, 2022, during an official visit of the Brazilian president. (Photo by SHAMIL ZHUMATOV / POOL / AFP)
Menhan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan Rusia akan membangun sejumlah pangkalan militer baru untuk menanggapi ekspansi NATO (dok. AFP/SHAMIL ZHUMATOV)
Moskow -

Rusia mengumumkan akan membangun sejumlah pangkalan militer baru di bagian barat wilayahnya pada akhir tahun ini. Pangkalan militer baru ini dimaksudkan untuk menanggapi ekspansi aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/5/2022), rencana pembangunan pangkalan militer baru itu diumumkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu dalam pernyataan terbaru seperti dikutip kantor-kantor berita Rusia.

"Pada akhir tahun, 12 unit dan divisi militer akan didirikan di Distrik Militer Barat," cetus Shoigu dalam pernyataannya.

Ditambahkan Shoigu bahwa militer Rusia diharapkan akan menerima lebih dari 2.000 unit peralatan militer dan persenjataan. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal jenis peralatan militer dan senjata yang dimaksud.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengejutkan dunia dengan mengerahkan tentara-tentara Rusia untuk menginvasi Ukraina, negara tetangganya, pada 24 Februari lalu.

Rusia menyebut invasinya sebagai 'operasi militer khusus' untuk menyingkirkan para fasis di Ukraina. Namun otoritas Ukraina dan sekutu Baratnya menyebut hal itu sebagai dalih tak berdasar untuk perang yang tidak beralasan.

Invasi militer yang dilancarkan Rusia itu mengguncang Finlandia -- yang berbatasan langsung dengan Moskow -- dan Swedia. Kedua negara itu bahkan memutuskan untuk meninggalkan kebijakan nonblok militer yang dipegang teguh selama bertahun-tahun dan bergabung dengan NATO.

Simak Video: Zelensky Sebut Donbas Hancur Total Seperti Neraka

[Gambas:Video 20detik]