Jenderal Top Rusia-AS Pertama Kali Teleponan Sejak Invasi Ukraina, Bahas Apa?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 09:35 WIB
Chairman of the Joint Chiefs of Staff Gen. Mark Milley testifies before the House Armed Services Committee on the conclusion of military operations in Afghanistan and plans for future counterterrorism operations on Wednesday, Sept. 29, 2021, on Capitol Hill in Washington. (Rod Lamkey/Pool via AP)
Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley (dok. Rod Lamkey/Pool via AP)
Washington DC -

Jenderal top Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, berbicara via telepon dengan jenderal top Amerika Serikat (AS), Jenderal Mark Milley, untuk pertama kalinya sejak Moskow melancarkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari lalu. Apa yang dibahas keduanya?

Seperti dilansir Reuters, Jumat (20/5/2022), percakapan telepon antara Gerasimov dan Milley ini diungkapkan oleh Pentagon atau Departemen Pertahanan AS dalam pernyataannya pada Kamis (19/5) waktu setempat.

Gerasimov diketahui menjabat Kepala Staf Jenderal Militer Rusia, sedangkan Milley menjabat Kepala Staf Gabungan AS.

"Para pemimpin militer membahas sejumlah masalah terkait kekhawatiran keamanan dan sepakat untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka," tutur juru bicara Milley dalam pernyataannya.

"Sesuai dengan praktik sebelumnya, detail spesifik dari percakapan mereka akan dirahasiakan," imbuh juru bicara tersebut.

Pernyataan AS itu juga tidak menyebut masalah spesifik apapun yang dibahas kedua petinggi militer Rusia dan AS.

Kantor berita Rusia, RIA, yang mengutip Kementerian Pertahanan menyebut keduanya membahas isu-isu yang menjadi 'kepentingan bersama', termasuk Ukraina.

Simak juga video 'Tentara Rusia Minta Maaf Kepada Istri Korban di Persidangan':

[Gambas:Video 20detik]