International Updates

Pengkhotbah Kristen Juga Ditolak Singapura, Finlandia-Swedia Daftar NATO

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 18:04 WIB
Singapuran menjadi salah satu negara terkaya di ASEAN dan dunia
ilustrasi Singapura (Foto: Getty Images/Chris McGrath)
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad (UAS) ditolak masuk ke Singapura saat hendak berlibur. Pemerintah Singapura menegaskan bahwa UAS ditolak masuk karena dikenal sebagai orang yang mengajarkan ajaran yang bisa memecah belah.

Penolakan serupa juga pernah dialami dua pengkhotbah Kristen beberapa tahun lalu. Kedua warga asing yang tak disebutkan jati dirinya itu, ditolak permohonannya untuk berkhotbah di Singapura karena komentar-komentar mereka yang menyinggung agama lain.

Dilansir dari media Singapura, The Straits Times, 8 September 2017, Kementerian Tenaga Kerja Singapura, berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA), menolak permohonan izin kerja jangka pendek yang diperlukan bagi keduanya untuk berkhotbah di Singapura.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (18/5/2022):

- 959 Prajurit Ukraina Menyerah ke Rusia, Bagaimana Nasib Mereka?

Ratusan prajurit Ukraina kembali dilaporkan menyerah ke pasukan Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Rabu (18/5) bahwa 959 prajurit Ukraina telah menyerah minggu ini di pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina.

"Selama 24 jam terakhir, 694 gerilyawan menyerah, termasuk 29 terluka," kata kementerian itu dalam pengarahan hariannya tentang perang di Ukraina. "Secara total sejak 16 Mei, 959 gerilyawan menyerah, termasuk 80 orang terluka," imbuh kementerian.

Kementerian menyebut mereka yang membutuhkan perawatan medis dibawa ke rumah sakit di kota Novoazovsk yang dikuasai Rusia.

- AS Umumkan Tak Ada Kesalahan dalam Serangan Tewaskan Warga Sipil Suriah

Investigasi terhadap serangan pasukan Amerika Serikat di Suriah pada tahun 2019 yang menewaskan banyak warga sipil, tidak menemukan pelanggaran kebijakan atau kelalaian.

Demikian diumumkan Pentagon atau Departemen Pertahanan AS pada Selasa (17/5) waktu setempat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (18/5/2022), penyelidikan internal Angkatan Darat AS difokuskan pada operasi pasukan khusus AS yang beroperasi di Suriah yang meluncurkan serangan udara ke benteng ISIS di Baghouz pada 18 Maret 2019.

Penyelidikan dimulai tahun lalu setelah media New York Times melaporkan bahwa dalam serangan itu, militer AS menutupi puluhan kematian non-petempur.

Laporan Times menyebutkan bahwa 70 orang, banyak dari mereka wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan itu.

- Finlandia Umumkan Ajukan Keanggotaan NATO Bareng Swedia

Finlandia dan Swedia mengumumkan mereka akan bersama-sama mengajukan upaya mereka untuk bergabung dengan NATO pada hari Rabu (18/5) waktu setempat.

Simak Video 'Ini 3 Hal Alasan Singapura Tolak UAS':

[Gambas:Video 20detik]