International Updates

Erdogan Keberatan Finlandia Masuk NATO, Rusia Setop Listrik untuk Finlandia

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 18:04 WIB
Turkeys President Recep Tayyip Erdogan looks up during a joint news conference with German Chancellor Angela Merkel following their meeting at Huber Villa presidential palace, in Istanbul, Turkey, Saturday, Oct. 16, 2021. The leaders discussed Ankaras relationship with Germany and the European Union as well as regional issues including Syria and Afghanistan. (AP Photo/Francisco Seco)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AP/Francisco Seco)
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengomentari rencana Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi militer NATO. Erdogan menyebut Turki tidak memiliki "pendapat positif" soal itu.

Hal itu menjadi sinyal ganjalan bagi kedua negara yang ingin segera bergabung, terlebih saat Rusia tengah melancarkan invasi ke Ukraina.

Erdogan menuduh Finlandia dan Swedia menyembunyikan organisasi-organisasi teroris.

"Kami tidak memiliki pendapat positif," kata Erdogan kepada para wartawan di Istanbul pada Jumat (13/5) waktu setempat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (14/5/2022):

- 21 Orang Meninggal, Kim Jong Un Akan Ikuti Cara China Atasi COVID-19

Korea Utara mengumumkan 21 kematian baru pada hari Sabtu (14/5) ini, dua hari setelah mengkonfirmasi kasus pertama COVID-19. Lebih dari setengah juta orang juga jatuh sakit secara nasional.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (14/5/2022), pemimpin Korut, Kim Jong Un mengatakan bahwa Korea Utara akan mengikuti model manajemen penyakit seperti yang dilakukan China.

"Adalah baik untuk secara aktif belajar dari kesuksesan dan pengalaman anti-epidemi yang maju dan kaya dari partai dan orang-orang China dalam perjuangan melawan epidemi berbahaya," kata Kim seperti dilaporkan media resmi Korut, KCNA.

- Bos Pentagon Telepon Menhan Rusia, Minta Gencatan Senjata di Ukraina

Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd Austin melakukan pembicaraan via telepon dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu. Ini merupakan pembicaraan telepon pertama antara keduanya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (14/5/2022), Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menyatakan, dalam pembicaraan pada Jumat (13/5) waktu setempat itu, Austin mendesak gencatan senjata segera di Ukraina.

Pembicaraan yang dilakukan atas permintaan Austin itu berlangsung selama sekitar satu jam.

- Korut Laporkan 21 Kematian Baru di Tengah Wabah Corona

Korea Utara (Korut) pada hari Sabtu (14/5) melaporkan 21 kematian tambahan akibat 'demam', dua hari setelah negara itu mengumumkan kasus pertama COVID-19 dan memerintahkan lockdown nasional.

Simak Video 'Finlandia Ingin Gabung NATO, Putuskan Hubungan dengan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]