Bos Pentagon Telepon Menhan Rusia, Minta Gencatan Senjata di Ukraina

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 11:11 WIB
Perang di Ukraina masih belum usai sejak Rusia serang negara itu pada 24 Februari 2022 lalu. Pada akhir pekan lalu, serangan udara hancurkan sekolah di Luhansk.
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: State Emergency Services/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd Austin melakukan pembicaraan via telepon dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu. Ini merupakan pembicaraan telepon pertama antara keduanya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (14/5/2022), Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menyatakan, dalam pembicaraan pada Jumat (13/5) waktu setempat itu, Austin mendesak gencatan senjata segera di Ukraina.

Pembicaraan yang dilakukan atas permintaan Austin itu berlangsung selama sekitar satu jam.

"Menteri Austin mendesak gencatan senjata segera di Ukraina dan menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi percakapan via telepon dengan bos Pentagon tersebut, dengan mengatakan kedua belah pihak membahas masalah keamanan internasional saat ini, "termasuk situasi di Ukraina."

Tidak ada rincian lain yang disampaikan secara resmi oleh kedua belah pihak mengenai pembicaraan tersebut. Namun, seorang pejabat senior Pentagon mengakui percakapan via telepon itu tidak menyelesaikan masalah.

"Panggilan telepon itu sendiri tidak secara khusus menyelesaikan masalah akut atau mengarah pada perubahan langsung dalam apa yang dilakukan atau dikatakan Rusia," kata pejabat Pentagon itu.

Pejabat itu menambahkan bahwa seruan AS untuk gencatan senjata bukanlah perubahan dalam kebijakan AS terhadap perang di Ukraina.

Simak juga 'Di Working Lunch Kongres AS, Jokowi Singgung Dampak Perang Ukraina-Rusia':

[Gambas:Video 20detik]