Rusia Membalas, 10 Diplomat Rumania Diusir!

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 10:24 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
ilustrasi (Foto: Dok. Anadolu Agency)
Jakarta -

Pemerintah Rusia mengusir 10 diplomat Rumania. Ini dilakukan Rusia sebagai balasan atas pengusiran 10 diplomatnya oleh Rumania menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

"Federasi Rusia menyatakan 10 pegawai kedutaan Rumania di Moskow sebagai persona non grata," kata Kementerian Luar Negeri Rumania dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (14/5/2022).

Berita itu dikonfirmasi oleh Moskow. Kementerian Luar Negeri Rumania menyatakan pengusiran itu terjadi menyusul pengusiran pada 5 April lalu atas 10 diplomat Rusia "yang kegiatannya melanggar Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik."

Kementerian Luar Negeri Rusia juga mengatakan pada hari Jumat (13/5) bahwa pihaknya "dengan tegas menolak upaya tak berdasar oleh pihak Rumania untuk menyalahkan Rusia atas kejahatan perang di Ukraina."

Rusia mengecam "kebijakan Bucharest untuk menutupi kekejaman yang dilakukan oleh pasukan nasional (Ukraina) terhadap warga sipil serta pasokan senjata, peralatan, dan bantuan lainnya kepada rezim di Kiev".

Sebelumnya, pemerintah Rumania memanggil Duta Besar Rusia untuk Bucharest Valery Kuzmin untuk memprotes sebuah artikel yang diterbitkan di situs web kedutaan Rusia, yang menyebut "aliran kebohongan, pemalsuan, provokasi yang dipentaskan, dan disinformasi" tentang apa yang terjadi di Ukraina "dibuat dan dibiayai oleh Barat secara kolektif."

"Penggunaan berulang-ulang oleh misi Rusia atas bahasa yang tidak pantas, ofensif dan provokatif yang ditujukan ke Rumania dan NATO tidak dapat diterima," kata Kementerian Luar Negeri Rumania.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, negara-negara Barat telah memberlakukan beberapa putaran sanksi dan mengusir sejumlah diplomat Rusia.

Moskow telah berjanji untuk membalas setiap tindakan ini dan telah mengusir puluhan diplomat Barat sebagai respons.

Simak juga 'Finlandia Ingin Gabung NATO, Putuskan Hubungan dengan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)